Jumat, 24 November 2017

Sang Saka Merah Putih Berkibar di Tengah Laut Tanjung Lesung

Anggota Pramuka Sakabahari mengibarkan Bendera Merah Putih dari bawah laut dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI), Kamis (17/8/2017) di Tanjung Lesung Beach Club, Kabupaten Pandeglang. 20 penyelam dari Pramuka Sakabahari sukses mengibarkan bendera dari kedalaman 12 meter. Para peserta upacara dan inspektur upacara memulai upacara dengan khidmat, menunggu para penyelam menaikkan bendera. Selayaknya upacara di darat, saat bendera Merah Putih masuk di permukaan laut, sayup-sayup lagu Indonesia Raya pun ikut dikumandangkan.

Upacara yang didukung Kementerian Pariwisata tersebut dihadiri perwakilan Pemprov Banten, Danlanal Banten, Danlanud Halim Perdana Kusumah dan Danlanud Atang Sanjaya itu, diakhiri oleh koreografi 91 anggota Pramuka Kwarda Banten di atas air Pantai Tanjung Lesung. Pihak Kemenpar juga memberikan cendramata kepada Pramuka yang sukses mengibarkan bendera. Upacara dipimpin langsung oleh pembina harian Kwarda Banten Cepi Safrul Alam, yang juga bertindak sebagai pembina upacara.

Menurut Cepi, pengibaran bendera dari dasar laut merupakan kebanggaan yang sangat luar biasa, karena hal ini baru dilakukan pertama kali oleh anggota pramuka, khususnya Kwarda Banten. ”Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata yang telah memfasilitasi upacara di laut ini,” katanya. Para penyelam ini merupakan bibit muda Kwarda Banten yang memiliki potensi besar membawa nama baik Banten, juga Indonesia. ”Kami memiliki penyelam termuda yaitu kelas 5 Sekolah Dasar, akan kami asah dari potensi yang ada,” tuturnya.

Salah satu pelatih penyelam pengibaran bendera, Deyen mengungkapkan rasa bahagianya karena anggota dapat mengibarkan bendera merah putih dari dasar laut sampai ke permukaan. Menurut Deyen memerlukan latihan fisik dan mental. ”Kami berlatih kurang lebih dua bulan untuk persiapan. Dan yang paling utama adalah kesiapan fisik,” tuturnya.

Sementara, Wakil Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Banten yang juga Kepala Dinas Pariwisata Eneng Nurcahyati menuturkan, kegiatan pengibaran bendera pada Peringatan HUT RI memiliki banyak makna dan tujuan. Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap HUT Kemerdekaan RI juga sebagai upaya untuk mengenalkan destinasi wisata di Banten. Harapannya kelak bisa menjadi aktivitas rutin yang bisa menarik wisatawan lokal maupun asing. “Sinergisitas antar lembaga dan stakeholder penting untuk menciptakan event kreatif baru dalam menarik wisman. Karena itu ke depan kami menginginkan event ini menjadi kalender event wisata,” ujarnya. (Rifki/”KB”)***


Sekilas Info

Kawah Putih Gunung Karang

Para pecinta traveling wisata alam banyak mengenal keindahan wisata alam Gunung Karang di Pandeglang, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *