Rabu, 26 Juli 2017
Home / SEPUTAR BANTEN / PANDEGLANG / Rutan Pandeglang

Rutan Pandeglang

Saat Pemerintahan Belanda berkuasa, Pandeglang merupakan salah satu daerah administratif di bawah keresidenan Banten. Pusat pemerintahan daerah Pandeglang saat itu berada di daerah yang saat ini juga menjadi pusat Ibu Kota Kabupaten Pandeglang.

Tata Kota Jaman Kolonial di daerah adminitratif tergolong hampir memiliki kemiripan. Biasanya tata di pusat pemerintahan akan terdapat Alun-alun, Rumah Asisten Residen, Pusat Perdagangan, Masjid dan Rumah Tahanan (Rutan).

Tata kelola semacam ini pula terdapat di Pandeglang saat itu. Hingga kini tata kota masih terbilang sama, hanya saja sudah ada penambahan bangunan-bangunan baru. “Sehubungan tata kelola kolonial, dimana ada alun-alun di situ ada pusat perkantoran, sebelahnya ada rumah asisten residen sebelahnya ada pusat perdagangan, masjid dan sebelahnya ada Rutan,” katanya, Kamis (11/5/2017).

Salah satu bangunan di daerah ini yang masih kokoh adalah Rutan Pandeglang. Terletak di Jalan Masjid Agung Nomor 3, Pandeglang, Rutan ini perkirakan berdiri pada Tahun 1819 oleh Pemerintahan Belanda. Hingga kini, bangunan ini masih berfungsi seperti fungsi awalnya. Meskipun sudah banyak mengalami perubahan, namun nuansa klasik masih terasa di bangunan ini.

Bagian yang berubah pada bangunan ini yaitu, awalnya di depan Rutan terdapat pentungan, saat ini tidak ada. Begitupun jumlah ruangan dan tinggi sudah bertambah. “Kondisi sekarang juga sudah lain,” katanya.

Menurut sejarah, pada tahun 1926 terjadi pemberontakan hebat yang dilakukan oleh pribumi kepada Pemerintah Belanda di Pandeglang, pemberontakan ini dipimpin oleh ulama. Para pemberontak yang ditangkap kemudian disekap di Rutan ini. “Jadi yang tertangkap di tahan di Rutan ini,” ujarnya. (Sutisna/Job)***


Sekilas Info

Tak Dirawat Korban Gizi Buruk Telantar

PANDEGLANG, (KB).- Erna Martina Rosadi (11) anak dari pasangan Yadi Supriadi dan Rohmah warga Kampung Namperak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *