Selasa, 12 Desember 2017
insentif guru honorer kabupaten tangerang

Ribuan Guru Di Kota dan Kabupaten Serang Belum Sertifikasi

SERANG, (KB).- Sebanyak 2.800 lebih guru di Kota dan Kabupaten Serang belum memiliki sertifikat profesi guru. Jumlah tersebut didominasi guru non-ASN yang jumlahnya mencapai 1.729 guru.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Serang, Asep Nugraha Jaya mengungkapkan, masih banyak guru di wilayahnya yang belum memiliki sertifikat.

Padahal, sertifikasi tersebut untuk menunjang keprofesionalan guru dalam mengajar serta untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ia merinci, hingga 2017 ini, guru ASN TK, SD, dan SMP yang sudah sertifikasi sebanyak 2.250 orang. Sementara, guru ASN yang belum sertifikasi sebanyak 750 orang. “Untuk non-ASN TK, SD, dan SMP itu ada 1.500 guru yang belum tersertifikasi,” katanya, Kamis (30/11/2017).

Sementara, Sekretaris Disdikbud Kota Serang, Wasis Dewanto menuturkan, guru ASN TK, SD, dan SMP yang sudah sertifikasi sebanyak 2.070 orang, sedangkan yang belum sertifikasi 418 guru.
“Kalau yang ASN itu yang belum sertifikasi tinggal 20 persen, sedangkan non-ASN ada 229 guru,” ujarnya.

Ia menjelaskan, sertifikasi guru tersebut bukan merupakan syarat untuk bisa menjadi ASN, tetapi sebagai syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi guru dan untuk mengukur profesionalitas guru.
Kepala Disdikbud Banten, Engkos Kosasih Samanhudi mengatakan, guru yang sudah sertifikasi sekitar 60 persen. Untuk mendapatkan sertifikat, guru harus mengikuti Program Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). (DE)***


Sekilas Info

Unbaja Siap Bersaing di Dunia Usaha

SERANG, (KB).- Peningkatan dan pengembangan kompetensi lulusan menjadi salah satu perhatian Universitas Banten Jaya (Unbaja) dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *