Kamis, 19 Oktober 2017

Pramuka Cilegon Bantu Angkat Barang Pemudik

CILEGON, (KB).- Sebanyak 75 anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Cilegon diterjunkan ke lapangan untuk membantu memperlancar arus mudik Lebaran 1438 Hijriyah. Salah satu tugas kemanusiaan yang akan mereka jalankan adalah membantu mengangkut barang-barang pemudik dari Terminal Terpadu Merak ke Dermaga Palabuhan Merak atau sebaliknya.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Cilegon H Taufiqurrohman menjelaskan kepada Kabar Banten, Minggu (18/6), kegiatan tahunan ini diberi nama Aksi Peduli “Karya Bakti Lebaran” (KBL) 2017. Tema kegiatannya “Menebar Kebaikan di Bulan Penuh Keberkahan”. Taufiqurrohman menjelaskan Aksi KBL 2017 ini akan berlangsung dari 19-27 Juni. Posko utamanya didirikan di TTM Merak. “Terkait kegiatan itulah, besok sore (Senin, 19/6), akan digelar upacara pembukaan KBL 2017 dan buka puasa bersama di halaman Rumah Dinas Kota Cilegon,” katanya.

Tiga aksi

Menurut Taufiqurrohman, bentuk kegiatan Karya Bakti Lebaran ini adalah bakti sosial kemasyarakatan. Sementara jenis kegiatannya terbagi tiga, yakni aksi informasi, aksi fisik, dan aksi peduli sesama. Aksi informasi adalah kegiatan membantu memberikan informasi jalur-jalur mudik melalui peta mudik, media cetak, dan media elektronik. “Dalam aksi informasi ini, kami setiap tahun, bekerja sama dengan koran Kabar Banten. Bentuk kerja samanya antara lain anggota Pramuka di lapangan membantu memberikan Kabar Banten gratis kepada para pemudik. Koran gratis ini antara lain berisi informasi mudik dan peta mudik,” katanya.

Aksi fisik Karya Bakti Lebaran

Aksi fisik merupakan aksi yang langsung berinteraksi dengan pemudik. Misalnya memberikan pelayanan kesehatan gratis, pengaturan lalu lintas, membantu menyeberangkan pemudik, membantu membawa barang-barang pemudik, dan aksi fisik lainnya. Sementara aksi peduli sesama adalah Pramuka melaksanakan kepedulian sosial kepada masyarakat yang kurang mampu. “ Misalnya, Pramuka memberikan paket sembako, uang santunan, dan barang-barang lainnya kepada kaum duafa, fakir miskin, anak yatim dll,” kata Taufiqurrohman.

Ketua panitia kegiatan Vidia Panji Yudha menjelaskan panitia pelaksana kegiatan Karya Bakti Lebaran ini terdiri atas pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Cilegon dan Dewan Kerja Cabang Kota Cilegon. Jumlah anggota panitia mencapai 26 orang. Peserta kegiatannya meliputi anggota Pramuka se-Kota Cilegon, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega. Mereka berasal dari anggota DKR dan Anggota Saruan Pramuka (Saka) serta Pramuka Penegak dan Pandega se-Kota Cilegon. “Jumlahnya mencapai 75 orang,” katanya.(H-02)***


Sekilas Info

bank banten Fasilitas Kredit Karya Guna

Bank Banten dan Pemkot Cilegon Bahas Kerja Sama

CILEGON, (KB).- Unsur Direksi Bank Banten menggelar pertemuan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Selasa (17/10/2017). Dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *