Senin, 11 Desember 2017

Polres Ingatkan Pemudik, Waspadai Jalan Berlubang

CILEGON, (KB).- Pihak Kepolisian Resor (Polres) Cilegon mengingatkan pemudik menggunakan sepeda motor yang hendak menuju Pulau Sumatera melalui jalur Cilegon-Merak mewaspadai jalan berlubang yang bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. “Kewaspadaan itu agar pemudik roda dua hati-hati melintasi Cilegon-Merak,” kata Kasatlantas Polres Cilegon, Ajun Komisaris Fikri Ardiansyah, Sabtu (17/6/2017).

Selama ini, ruas Jalan Cilegon-Merak cukup berbahaya bagi pemudik sepeda motor, selain banyak jalan berlubang, pada malam hari juga minim penerangan. Para pemudik diharapkan tidak melarikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi, karena banyak ditemukan jalan berlubang. Pengalaman mudik pada 2016 juga banyak kecelakaan akibat jalan berlubang dan minimnya penerangan.

Para pemudik sepeda motor kebanyakan terjatuh setelah melindas jalan berlubang. Selain itu, jika musim hujan lintasan pintu kereta api Cilegon-Merak juga rawan kecelakaan, karena kondisi jalan licin, sehingga pengemudi terjatuh, bahkan menimbulkan korban jiwa. Ia mengimbau, pemudik sepeda motor yang akan menuju Pelabuhan Merak, agar waspada untuk menghindari kecelakaan. Mudik menggunakan sepeda motor hingga kini masih menjadikan pilihan masyarakat, meskipun pemerintah daerah, Kementerian Perhubungan, dan BUMN menyelenggarakan mudik gratis.

Penyumbang angka kecelakaan lalu lintas tertinggi, adalah pemudik sepeda motor, terlebih mereka menempuh perjalanan jauh, sehingga rawan kelelahan dan kecapaian. Untuk itu, pihaknya mengimbau pengemudi sepeda motor, jika kelelahaan segera beristirahat di posko yang telah disediakan pihak kepolisian, PT ASDP, dan pemerintah daerah. “Kami minta pengemudi sepeda motor, agar hati-hati menjalankan kendaraan juga menaati aturan lalu lintas dan melengkapi diri dengan helm pengaman,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini beberapa titik ruas jalan menuju Merak ada yang masih dalam perbaikan. Pihaknya akan melakukan rekayasa arus lalu lintas, agar tidak terjadi antrean kendaraan.
Diperkirakan mudik 2017 sama dengan tahun sebelumnya dan akan terjadi kepadatan kendaraan pribadi menuju Pulau Sumatera. Untuk mengantisipasi kemacetan panjang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. (H-43)***


Sekilas Info

Uji Coba ”Smart City”, Curhatan Infrastruktur Mendominasi

CILEGON, (KB).- Aplikasi Cilegon Smart City kini sudah memasuki tahapan uji coba. Pada program yang menghubungkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *