Sabtu, 18 November 2017

Polisi Pariwisata Siap Amankan Destinasi Wisata

SERANG, (KB).- Kepolisian Daerah (Polda) Banten siap menempatkan dan menugaskan jajaran aparatnya di berbagai destinasi pariwisata di wilayah hukum Polda Banten.  Polisi Pariwisata di bawah Unit Pam Obvit Polda Banten dengan Direktur Kombes Dwi Suseno. Menurut Kasubdit Wisata Dit Pamobvit Polda Banten, AKBP Muktoridi, satuan tugas Polisi Pariwisata sudah lama ada di Polda Banten.

Namun disadarinya masih banyak masyarakat yang belum mengenal dan mengetahui keberadaan Polisi Pariwisata. “Dulu personelnya terbatas, jadi ruang operasi kita terbatas. Sekarang sudah ada beberapa personel baru. Kantor kami ada di Carita dan anggota menyebar mengamankan unit vital pariwisata,” kata Muktoridi.

Seragam Polisi Pariwisata sedikit berbeda dengan seragam polisi pada umumnya. Polisi Pariwisata mengenakan seragam berlengan panjang warna coklat tua khas polisi. Namun, pada bagian tutup saku dan ujung lengan ditimpa dengan kain warna merah hati. Penampilan mereka pun makin bergaya karena memakai dasi merah hati.

Lebih lanjut Muktoridi menjelaskan, kehadiran Polisi Pariwisata untuk menjawab tuntutan masyarakat terhadap peran polisi. Tidak hanya pada penegakan hukum belaka, akan tetapi juga memainkan peran sebagai perlindungan, pelayanan dan pengayoman.  “Kehadiran Polisi Pariwisata diharapkan menambah kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banten,” katanya.

Dikatakanya, kegiatan utama anggota Polisi Pariwisata Polda Banten lebih dinamis. Mereka berpatroli ke lokasi wisata, utamanya objek wisata dan tempat penunjang kegiatan wisata. “Selain memberi rasa aman dan nyaman, anggota juga berkewajiban memberi informasi serta menjelaskan terkait objek wisata tersebut. Apalagi ini menjelang Tahun Baru, pasti objek wisata akan dipadati oleh wisatawan domestik dari dalam maupun luar kota,” imbuh Muktoridi. (SY)***


Sekilas Info

Kerkhoff, Makam Belanda di Banten Lama

Banten Lama salah satu kawasan yang menyimpan berbagai tinggalan arkeologis ini, sepertinya tidak habis-habisnya mengungkapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *