Senin, 23 Oktober 2017
pilkada kota serang 2018

Pilkada Lebak 2018: PKS Usung Kader Internal, Golkar, PPP, & PDIP Usung Petahana

LEBAK, (KB).- Menjelang Pilkada Lebak 2018, bakal balon bupati (Baloncabup) petahana, Iti Octavia Jayabaya yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Lebak, saat ini telah mendapatkan dukungan dari tiga partai, yaitu PDIP, Golkar dan PPP.  Tak hanya itu, PKB selaku partai pengusung Balonbup petahana pada periode sebelumnya pun mengisyaratkan akan kembali memberikan dukungannya. Sementara, PKS akan mengusung kader dari internal, Sanuji Pentamarta dalam bursa pilkada tersebut. Ketua DPC PKB Lebak, Efu Saefullah mengatakan, partainya saat ini belum menentukan arah dukungannya terhadap Baloncabup dan Baloncawabup yang akan maju dalam bursa pilkada mendatang.

Menurutnya, seusai ketentuan partai pihaknya perlu terlebih dahulu membuka pendaftaran penjaringan calon yang akan diusung. Namun, jika nanti dari hasil survei dan analisis hasil perumusan yang dilakukan partai calon petahana, Iti Octavia Jayabaya masih memungkinkan untuk diusung, maka bisa saja PKB kembali mengusung calon petahana tersebut. ”Awalnya kita mempersiapkan kader di internal untuk maju, ya saya sendiri juga siap dan semua kader pengurus tingkat di bawah siap untuk bergerak. Tetapi, melihat situasi politik yang sudah berubah jadi kemungkinan kita hanya mengusung calon di luar internal partai. Meski begitu, PKB sejauh ini masih menunggu proses pendaftaran atau penjaringan calon sebagaimana mekanisme partai, sehingga nantinya bisa menentukan siapa calon yang akan diusung,” ujarnya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Lebak, Dian Wahyudin mengatakan, berdasarkan hasil pemilihan umum raya (pemira) yang sudah dilakukan, PKS akan mengusulkan kader internal, Sanuji Pentamarta untuk mendapatkan rekomendasi dalam Pilkada nanti. Terlebih, PKS sendiri hanya memiliki lima kursi, sedangkan untuk mengusung minimal butuh 10 kursi. ”Artinya, PKS harus koalisi . Makanya, saat ini kita sedang melakukan penjajakan dengan partai lain, seperti Gerindra dan Nasdem, termasuk melakukan survei juga,” kata Dian Wahyudi. Ditanya soal apakah PKS akan memosisikan kadernya yang diusung di posisi bupati atau wakil bupati. Dian mengatakan, mengenai posisi itu PKS akan fleksibel bergantung hasil koalisi nanti. ”Masih banyak kemungkinan perkembangan politik yang akan terjadi kedepan nanti, terlebih tahapan Pilkada masih berlangsung lama. Kami sih fleksibel saja, bergantung nanti hasil koalisi,” ujarnya.

Sementara, DPD Partai Golkar Lebak, berdasarkan rapat pleno diperluas mengusung petahana, Iti Octavia Jayabaya sebagai bakal calon bupati. Namun, terkait siapa bakal calon wakil yang akan mendampingi, partai berlambang beringin itu mempersilakan bakal calon bupati petahana sendiri yang memilih. ”Hasil rapat pleno sepakat untuk mengusung, memberikan dukungan tanpa syarat kepada Iti Octavia Jayabaya sebagai bakal calon bupati. Mengenai siapa calon wakilnya, kita persilakan kepada beliau untuk memilih. Tapi, jika beliau minta dari Golkar, kita ya siap, karena Golkar sendiri punya kader yang layak untuk mendampingi beliau,” tutur Ketua DPD Golkar Lebak, Suparman di Gedung Serba Guna Assakinah, Sabtu (17/6/2017).

Golkar diprotes kader

Dilain pihak, salah satu kader Partai Golkar yang sudah gencar menyatakan niatannya untuk maju dalam Pilkada Lebak, Akhmad Jajuli menyesalkan langkah DPD II Partai Golkar Lebak menyatakan dukungan kepada Baloncabup, Iti Octavia Jayabaya. Apalagi, sejauh ini partai tidak pernah melakukan tahapan penjaringan dan penyaringan secara terbuka dan demokratis sebagaimana diamanatkan undang-undang dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU). ”Saya kecewa dengan keputusan, partai yang tiba-tiba memunculkan Iti Octavia Jayabaya untuk diusulkan sebagai Balonbup. Makanya, saya akan mengajukan keberatan kepada DPD Partai Golkar Provinsi Banten dan DPP Golkar,” ucap Akhmad Jajuli. (H-38)***


Sekilas Info

Ulama-Umara Dua Sisi Mata Uang tak Terpisahkan

”DUA golongan manusia, jika mereka baik, akan baik seluruh manusia, dan jika ia rusak, akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *