Kamis, 24 Agustus 2017

Pesantren Al Ihsan Kadomas Pandeglang, Luluskan 7 Santri Penghafal Alquran 30 Juz

Pesantren Al-Ihsan yang beralamat di Kampung Jajawai Kelurahan Kadomas Pandeglang meluluskan 7 santri penghafal Alquran 30 juz pada Milad ke-23 yang digelar pada Ahad (11/6/2017). Bukan hanya hafal Alquran, 7 santri tersebut memiliki pengetahuan ulum Quran. Selain 7 santri penghafal Alquran 30 juz, ada 12 santri menghapal 1.000 bait kitab alfiyah dan 4 kitab lainnya (amil, matan jurumiyah, ‘imriti dan mulhatul i’rob).

Sementara sisanya ada yang baru menghapal 20 juz,10 juz dan 5 juz atau baru 4 kitab dan 500 bait kitab alfiyah.  Di Pesantren Al-Ihsan kitab kuning (kutubal-mu’tabarah) yang dibaca adalah kitab-kitab yang dikarang oleh para ulama ahlu al-sunah wal jama’ah yang bermazhab kepada Imam Syafi’i antara lain: Tafsir al-Jalain Fathul Mu’in, Riyad al-Salihin dan Bulug al-Maram, Al-Tibyan (Ulum al-qur’an), Lataif al-Isyarat (Ushul Fiqh), Fathul Mu’in (fiqh), Nihayatal-qaulal-Mufid (tajwid), Jauharat al-Tauhid (tauhid), Kifayat al-atqiya (tasauf), Alfiyah Ibn Malik (nahwu), Kailani (sharaf), Ta’lim al-Muta’alim (akhlak), Jauharal-Maknun (balaghah), dan Sulam al-Munawaraq (mantiq).

“Cita-cita luhur pengasuh pesantrenal-Ihsan (KH.Asmuni M.Noor) dalam membumikan Alquran dan kitab kuning (kutubal-mu’tabarah) terhadap para santrinya adalah program prioritas tidak bisa digantikan dengan apapun. Hal itu terlihat dari kualitas santri yang semakin meningkat dalam setiap tahunnya,” ucap putra Pengasuh Pesantren Al-Ihsan KH.Ahmad Syaikhu,MA.

Ia mengatakan, Pesantren Al Ihsan telah mampu mencetak para santri yang semakin berkualitas di dalam memahami pengetahuan agama secara komprehensif, khususnya di bidang Ulum Alquran.
“Tahun ini dari jumlah santri 700 orang terdapat 112 yang menerima piagam penghargaan dari pengasuhnya sebagai santri yang berkualitas,” tuturnya.

Di sela-sela acara Milad Pesantren Al-Ihsan seorang kiai sekaligus Pengusaha Travel PT Fath Indah Travel Services penyelenggara ibadah haji dan umrah KH. Ali Said Thoha, memberikan hadiah umrah kepada juara1 penghafal Alquran terbaik Muhamad Firdaus (santri/siswakelas11MA Al-Ihsan), juara 2 diberi hadiah uang tunai Rp 5 juta, juara 3 Rp 3 juta.

Sementara penghapal 30 juz Alquran yang tidak mendapatkan juara diberi hadiah masing-masing uang tunai sebesar Rp 1 juta. Kebahagiaan dan rasa haru yang dirasakan para santri dan walinya telah menghiasi suasana pada acara milad Pesantren Al-Ihsan. (Sutisna)***


Sekilas Info

15 Mahasisawa Untirta KKM di Petir

SERANG, (KB).- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali mengirimkan mahasiswa/i ke tengah masyarakat dalam program Kuliah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *