Jumat, 24 November 2017

Perpustakaan Arena Edukasi Rekreasi

SERANG, (KB).- Kepala Bidang Deposit Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, Usman Assiddiqi mengatakan perpustakaan dibuat sebagai arena edukasi rekreasi. Dengan demikian, pengunjung akan nyaman berada di perpustakaan. “Perpustakaan sebagai arena edukasi rekreasi. Kadang orang melihat perpustakaan stres, kalau sekarang enggak karena kita sediakan permainan. Kita ingin pelayanan prima dan memuaskan,” ujar Usman saat pembukaan “Banten Book Fair” 2017 di halaman DPK Provinsi Banten, Selasa (16/5/2017).

Banten Book Fair 2017 merupakan kegiatan dalam rangka memperingati hari perpustakaan nasional. Dalam Book fair, terdapat rangkaian pengukuhan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Banten, pemberian penghargaan kepada pengunjung perpustakaan dan pejuang literasi di Provinsi Banten.
Menurut Usman, dilihat secara jumlah, pengunjung yang datang ke DPK Provinsi Banten sudah terhitung banyak, rata-rata perharinya hampir mencapai 300 hingga 400 orang. “Pengunjung sudah terbilang banyak,” katanya.

Meskipun, jumlah pengunjung DPK 60 persennya masih dari kalangan mahasiswa, sementara 40 Persennya dari kalangan umum dan pelajar. Karena itu pihaknya terus berinovasi untuk meningkatkan pengunjung dari kalangan umum dan pelajar, dengan cara memperpanjang jam layanan hingga jam 18.00 setiap harinya. “Perpustakaan merupakan institusi tempat berkumpulnya buku, tempat berkumpulnya orang yang ingin memanfaatkan buku. Sehingga ada tema, bahwa perpustakaan penggerak perubahan,” ujarnya.

Sementara Kasi Deposit Pengembangan Koleksi dan Pengelolaan Bahan Perpustakaan, Sri Trisnani mengatakan, acara tersebut berlangsung dari dari tanggal 16 Mei hingga 20 Mei 2017, rangkainnya diisi dengan bazar buku, donasi buku, seminar parenting, talkshow, hiburan, pemutaran film, pameran arsip, lomba mewarnai tingkat SD dan TK, story telling, dan konsultasi perpustakaan bersama pustakawan. “Acara lima hari,” katanya. Untuk bazar buku, pihaknya menyediakan 17 stan dari penertbit ternama dan stan dari komunitas literasi di Banten. “Harga buku, kami sudah minta kepada penerbit yang membuka stan untuk memasang buku yang harganya terjangkau oleh pengunjung,” katanya. (sutisna/Job)***


Sekilas Info

18 Ulama Banten Dikirim ke Munas NU

SERANG, (KB).- Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PW NU) Provinsi Banten mengirim sebanyak 18 ulama ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *