Kamis, 17 Agustus 2017

Peradi Buka Bantuan Hukum Gratis

SERANG, (KB).- Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Serang membuka layanan bantuan hukum gratis bagi warga tergolong tidak mampu. Bantuan hukum nantinya akan diberikan pihak Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Serang. Hal tersebut dikatakan Ketua DPC Peradi Serang, Mufti Rahman seusai pelantikan Pengurus DPC Peradi Serang periode 2017-2022 di salah satu hotel Kota Serang, beberapa waktu yang lalu. Ia mengatakan, untuk mendapatkan bantuan hukum gratis, warga tersebut diwajibkan melampirkan surat keterangan tidak mampu. “Program bantuan hukum ini merupakan program utama PBH,” ujarnya.

Setelah syarat terpenuhi, PBH DPC Peradi Serang akan mulai memberikan bantuan hukum kepada yang bersangkutan, dari mulai proses penyidikan sampai ke pengadilan. “Bantuan hukum merupakan program utama PBH. Saat ini, kami (DPC Peradi Serang) memiliki 94 advokat, tersebar di Kota Cilegon, kabupaten/kota Serang, dan Kabupaten Lebak, ” ucapnya.  Pertambahan jumlah advokat yang tergabung di DPC Peradi Serang terbilang signifikan. Awalnya jumlahnya hanya berjumlah 34 orang. Seluruh advokat anggota DPC Peradi Serang diawasi untuk menghindari adanya anggota yang bertugas keluar dari ketentuan. “Jumlah anggota kami mengalami kenaikan signifikan, sekitar 30 persenan,” tuturnya.

Anggota yang sewaktu-waktu kedapatan melakukan perbuatan melanggar ketentuan, seperti suap-menyuap dalam menyelesaikan kasus hukum akan diberikan sanksi tegas, berupa teguran sampai dengan pemecatan keanggotaan. “Kalau ada anggota Peradi yang terlibat tentu akan dilaporkan ke pengawas advokat dan ditindaklanjuti ke dewan kehormatan,” tuturnya. Sejauh ini, sudah ada beberapa anggota yang terbukti melakukan tindakan di luar koridor. Karena, untuk menghindari kejadian serupa, pihaknya akan intens melakukan konsolidasi, sosialisasi kepada anggota tentang seperti apa sanksi yang akan diberikan apabila melanggar ketentuan. “Kami akan intens sosialisasi kepada anggota,” katanya. (H-51)***


Sekilas Info

PII Banten Teken MoU dengan Untirta dan IP: Menjembatani PT, Industri dan Pemda

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Banten bersama Untirta dan PT Indonesia Power (IP) UJP 1 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *