Sabtu, 18 November 2017

Pentas Budaya Semarakkan Banten Expo 2017

SERANG, (KB).- Berbagai kesenian dan budaya Banten turut menyemarakkan perhelatan Banten Expo 2017 pada 16-18 November 2017, di arena pameran terbesar di Asia Tenggara yakni Indonesia Convention Exhibition (ICE-BSD), Kota Tangerang Selatan. Kesenian yang akan ditampilkan di antaranya berbagai jenis tarian tradisional, musik tradisional hingga tembang khas Banten karya Almarhum Toton Greentoel.

Mereka yang akan tampil di antaranya tarian dari Sanggar Pamanah Rasa Pandeglang, kesenian musik tradisional dari Cisungsang, musik tradisional bambu (pringtung) dari Cilegon, penampilan tembang budaya dari Banten karya alm. Toton Greentoel, hingga pentas silat dan debus. ”Masih banyak lagi penampilan budaya lainnya dari sanggar maupun sekolah yang merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten,” ujar Panitia Penyelenggara Banten Expo 2017 Deden Sunandar, Senin (13/11/2017).

Deden menuturkan, pembukaan Banten Expo rencananya akan ditandai dengan Kolotok Baduy. Kolotok Baduy merupakan alat musik tradisional Suku Baduy. Sentuhan kesenian Banten tidak hanya berupa atrakasi budaya, tapi juga tata dekorasi Banten Expo. Selain itu, lantayan padi khas adat Ngembang Sajira juga akan dipasang di pintu masuk area pameran. ”Tak ketinggalan golok Ciomas besar yang memecahkan rekor MURI akan dipajang. Konsepnya sendiri menampilkan beragam bentuk penampilan mulai dari atraksi, pagelaran, parade seni dan pawai budaya,” ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten Babar Suharso berharap, Banten Expo mampu mengangkat segala potensi yang dimiliki Provinsi Banten mulai dari kebudayaan, perdagangan, industri, pariwisata, dan investasi. Melalui kegiatan Banten Expo, geliat seni budaya yang ada di Banten juga terangkat. ”Ini kesempatan bagi pelaku seni budaya Banten untuk mengenalkan kekayaan budaya Banten yang bernilai jual,” tuturnya. (RI)***


Sekilas Info

Bank Banten Perluas Cakupan Pelayanan di Balaraja

PT Bank Pembangunan Daerah Banten, Tbk. (Bank Banten) kembali membuka kantor cabang (KC) Cikupa, Balaraja. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *