Kamis, 24 Agustus 2017
mudik gratis pemprov banten

Pendaftar Mudik Gratis Membeludak

SERANG, (KB).- Pendaftar mudik gratis yang disediakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten membeludak. Sejak pembukaan pendaftaran dari 29 Mei sampai 4 Juni 2017 sudah banyak masyarakat di Banten yang berbondong-bondong mendaftarkan diri. “Kalau jumlah pastinya belum dapat diketahui, sebab masih dikumpulkan dari kabupaten kota. Dari laporan sementara yang diterima sudah banyak pendaftar mudik gratis,” kata Kepala Dishub Provinsi Banten, Revri Aroes kepada Kabar Banten, Ahad (4/6/2017).

Berdasarkan jadwal, pembukaan pendaftaran akan berakhir 16 Juni mendatang. Namun pendaftaran akan ditutup lebih awal apabila jumlah pendaftarnya sudah memenuhi kuota yang disediakan. Kuota sendiri disediakan untuk 2.000 masyarakat. “Pendaftarannya sendiri akan ditutup seiring kalau sudah memenuhi kuota,” ujarnya.

Jika dibandingkan tahun sebelumnya, kuota yang disediakan tahun ini lebih sedikit. Penurunan kuota mudik gratis sendiri disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. “Mudik gratis juga disediakan oleh Pelindo II. Saya masih berharap pelindo dapat menampung pendaftar yang kehabisan kuota. Kalau sudah penuh di Dishub kita larikan ke pelindo,” ucapnya. Sebelumnya, dia mengatakan, mudik gratis yang disediakan tahun ini untuk tujuan 11 daerah, yakni Tasikmalaya, Cirebon (Jawa Barat), Kota Tegal, Purwokerto, Magelang, Semarang, Solo (Jawa Tengah), Madiun (Jawa Timur), Daerah Istimewa Yogyakarta, Bandar Lampung dan Palembang. “Daerah lain tujuan di luar Pulau Jawa itu Bandar Lampung dan Palembang,” tuturnya.

Pelayanan mudik gratis bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan pulang kampung dari Banten ke daerah tujuan. Mudik gratis juga bertujuan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya yang melibatkan kendaraan sepeda motor pada masa angkutan Lebaran 2017.
“Kami sediakan 40 bus AC untuk mengangkut sekitar 2.000 pemudik dari Banten ke daerah tujuan,” katanya. Sementara itu, seorang warga, Rumiyah, mengaku kecewa atas penurunan kuota yang diberikan. Sebab, hal itu membuatnya khawatir tidak kebagian kuota. “Saya pulang ke Jawa Timur, kalau tahun kemarin perasaan lebih banyak kuotanya,” tuturnya. (Sutisna/Job)***


Sekilas Info

Tak Beri Bantuan Hukum, Pemprov Segera Tunjuk Plt Direktur RSU Banten

SERANG, (KB).- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dipastikan akan segera menunjuk pelakasana tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit …

One comment

  1. Pa masih da mudik gratis dishub Banten,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *