Jumat, 24 November 2017

Pencari Kerja Membeludak

CILEGON, (KB).- Pencari kerja di Kota Cilegon, membeludak. Hal itu terlihat dari meningkatnya jumlah pemohon kartu kuning di Kantor Pelayanan Kartu Kuning Dinas Ketenagakerjaan Kota Cilegon. Pantauan Kabar Banten, para pemohon kartu kuning (kartu pendaftaran pencari kerja) tampak memadati loket pelayanan Disnaker Kota Cilegon, yang terletak di lingkungan Pusat pemerintahan kota (Puspemkot) Cilegon.

Kondisi itu terjadi sejak beberapa hari terakhir. Bahkan, menurut pihak Disnaker Kota Cilegon, peningkatan angka pencari kerja terjadi sejak awal bulan lalu. “Peningkatan tersebut diperkirakan mencapai 170% dibandingkan hari biasanya,” kata Staf Bidang Ketenagakerjaan Disnaker Kota Cilegon, Riyanto saat ditemui di Kantor Pelayanan Kartu Kuning, Rabu (17/5/2017).

Ia menuturkan, hari biasanya pemohon kartu kuning hanya sekitar 10-20 orang saja. Sementara sejak awal Mei lalu dalam satu hari bisa mencapai 100-170 pemohon kartu kuning. “Rata-rata itu 10-20 hari biasanya. Tapi sejak tanggal 2 kemarin itu sehari sekitar 100 orang. Bahkan, sejak Senin kemarin, perhari kami bisa melayani sampai 170 pemohon kartu kuning,” ujarnya, Rabu (17/5/2017).

Peningkatan tersebut, menurut dia, terjadi karena banyak siswa yang telah lulus sekolah, sehingga mereka berbondong-bondong mencari kerja. Apalagi, kartu kuning merupakan salah satu syarat untuk melamar kerja di sejumlah perusahaan. Umumnya para pencari kerja tersebut ingin melamar di sejumlah perusahaan di Kota Cilegon. Alasannya mereka ingin bekerja di daerahnya sendiri. “Saya tanya hampir semua itu mencari kerja di Cilegon, jarang yang keluar. Malah biasanya yang orang luar yang ke Cilegon. Terus jika dikategorikan jenis kelamin, rata-rata seimbang antara pria dan wanita yang ingin mencari kerja,” ucapnya.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja Adriana mengatakan, kartu kuning tersebut digunakannya untuk mencari kerja di salah satu perusahaan di Cilegon. Begitu lulus dari SMK ia memutuskan untuk langsung mencari pekerjaan di Cilegon. “Begitu lulus memang saya ingin langsung mencari kerja, makanya saya langsung mengurus kartu kuning ini. Ke sini juga barengan sama teman-teman sekolah, biar sekalian siapa tahu bisa sekantor juga nanti kerjanya,” ucap Adriana. (H-43)***


Sekilas Info

Masyarakat Cilegon Jangan Malu Menggunakan Bahasa Daerah

CILEGON, (KB).- Masyarakat Cilegon khususnya Kec.Citangkil jangan malu menggunakan bhasa daerah Cilegon atau bebasanHal itu dikatakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *