Selasa, 12 Desember 2017
insentif guru honorer kabupaten tangerang

Pemda Diminta Berdayakan Guru Lokal

SERANG, (KB).- Distribusi guru wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) masih belum merata, termasuk di wilayah Provinsi Banten. Guru-guru lebih banyak berada di wilayah perkotaan. Pemerintah diminta untuk memberdayakan guru lokal.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Sholeh Hidayat mengatakan, distribusi guru belum merata tersebut membuat sekolah-sekolah di wilayah 3T kekurangan guru. Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) perlu memberdayakan guru lokal sebagai upaya pemerataan persebaran guru.

“Guru-guru di wilayah 3T tentu lebih mengetahui daerahnya. Sehingga, akan lebih mudah bagi mereka berada di daerah-daerah tersebut. Sebenarnya ada program dari Kemenristekdikti dan Kemendikbud yang mengirim sarjana-sarjana untuk mengajar di daerah 3T,” katanya, Kamis (30/11/2017).

Ia menilai, pemberdayaan guru lokal akan lebih efektif dibandingkan mengirim guru dari perkotaan. Hal tersebut, karena guru lokal diyakini mampu menguasai dan memahami kondisi geografis, psikologis, dan karakter di daerahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten, Engkos Kosasih Samanhudi menuturkan, pihaknya meminta dari pemerintah untuk menambah guru di wilayah yang minim guru. Menurut dia, banyak guru ASN dan non-ASN lebih memilih tetap berada di kota daripada mengajar di sekolah wilayah 3T.

“Ada ASN dan non-ASN tidak mau untuk dipindahkan ke wilayah 3T dengan berbagai macam alasan. Memang harus dari guru lokal yang diberdayakan, agar bisa memajukan mutu pendidikan di wilayah tersebut. Ada satu sekolah kepala sekolahnya ASN dan guru serta tenaga pendidiknya non-ASN. Ini membuat distribusi guru juga masih belum merata,” ujarnya. (DE)***


Sekilas Info

Unbaja Siap Bersaing di Dunia Usaha

SERANG, (KB).- Peningkatan dan pengembangan kompetensi lulusan menjadi salah satu perhatian Universitas Banten Jaya (Unbaja) dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *