Senin, 11 Desember 2017

Pegawai BPBD Miliki Fungsi Strategis

SERANG, (KB).- Pegawai Badan Penanggulangan  Bencana Daerah (BPBD)  memiliki fungsi strategis, baik sebagai aparatur sipil negara (ASN) maupun sebagai warga negara yang mengurusi bidang kebencanaan di daerah. Demikian dikemukakan Kepala BPBD Provinsi Banten, Sumawijaya, dalam rapat kordinasi pemutakhiran data daerah rawan bencana di Provinsi  Banten, Rabu  (11/10/2017).

Kegiatan itu diselenggarakan Badan Nasional Penaggulangan Daerah (BNPD)  Provinsi Banten. “Fungsi strategis tersebut, karena mereka mengurusi berbagai kejadian bencana yang kerap terjadi di sekitar kita,” kata Sumawijaya. Sementara Kepala Pelaksana BNPD Kabupaten Serang,  Nana Sukmana. Kusuma mengatakan, daerahnya telah memiliki pusat krisis terpadu penanggulangan bencana.

Menurutnya, pusat kriris terpadu penanggulangan bencana itu merupakan yang pertama di Indonesia. “Pusat krisis terpadu penanggulangan bencana miliki Kabupaten Serang ini memadukan tiga bidang yang saling bersinergi dan terkait dengan persoalan bencana,” kata dia.

Ketiganya, kata dia, yakni sistem komunikasi dan informasi bencana,  sistem data dan informasi,  dan pusat pengendalian operasi. “Kami sudah memiliki 750 orang relawan bencana yang tersebar di seluruh kecamatam se-Kabupaten Serang” jelas Nana Sukmana.

Pada kesempatan itu, Boyke Pribadi yang menjadi narasumber dari kalangan akademik, menyampaikan materi tentang data mining.  “Data-data yang dikumpulkan dari BPBD kabupaten / kota dapat diolah menjadi suatu informasi yang sangat berguna, baik untuk memprediksi terjadinya bencana maupun digunakan pada saat penanggulangan terjadinya bencana,” kata Boyke.

Bahkan, lanjut Boyke, data tersebut juga  dapat dimanfaatkan untuk mengurangi dampak atau korban dari sebuah bencana. Kegiatan itu diikuti 60 peserta, antara lain utusan dari BPBD Kabupaten Serang dan Lebak. (FI)***


Sekilas Info

Jelang Tutup Tahun, Isu Rotasi Pejabat Pemprov Banten Santer

SERANG, (KB).- Isu rotasi dan mutasi pejabat di Lingkungan Pemprov Banten kian santer terdengar, jelang tutup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *