Minggu , Mei 28 2017 9:45 am
Home / SEPUTAR BANTEN / PANDEGLANG / Pandeglang Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan Mutu Pendidikan

Pandeglang Gandeng Perguruan Tinggi Kembangkan Mutu Pendidikan

PANDEGLANG, (KB).- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang menggandeng lima perguruan tinggi dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di daerah tersebut. “Kami melakukan kerja sama dengan lima perguruan tinggi/universitas, di antaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dengan bantuan dari pihak peguruan tinggi diharapkan pendidikan kami lebih berkembang,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi di Pandeglang, Rabu (17/5/2017).

Dalam kerja sama tersebut, ujar dia, lebih difokuskan pada hal yang menyangkut pengembangan pendidikan, yakni pemerataan dan pemetaan guru, peningkatan kesejahteraan pendidikan tenaga kontrak, terutama yang bertugas di daerah pedalaman. Selain itu, juga pengembangan model pembelajaran unggulan, peningkatan capacity building pendidikan tenaga kontrak, serta pembinaan dan pengawasan secara berkelanjutan.

Sebelumnya, juga telah dijalin kerja sama dengan Indonesia USAID Prioritas dalam melakukan pemetaan dan evaluasi terhadap keberadaan guru bidang studi dan guru kelas di sekolah di Pandeglang.
Hasil pemetaan yang dilakukan pihak Indonesia USAID Prioritas akan diserahkan pada pemerintah kabupaten dan selanjutnya ditindaklanjuti dalam upaya melakukan pemerataanpenyebaran guru.
Terkait tenaga pengajar, ia menyatakan, memang masih terjadi kekurangan. Untuk guru kelas SD saja masih kurang 1.000 orang. “Untuk mengatasi kekurangan itu, direkrut tenaga kerja kontrak, sehinggan proses belajar-mengajar bisa berjalan maksimal,” ujarnya.

Ia menyatakan, Pemkab Pandeglang terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan, karena secara bertahap semua yang menyangkut pendidikan dibenahi, mulai dari penyebaran dan kekurangan guru sampai bangunan serta ruang kelas. Pada 2017, dialokasikan anggaran sebesar Rp 3 miliar dari APBD 2017 untuk renonvasi ruang kelas, perpustakaan, dan toilet yang mengalami kerusakan sedang dan berat. (H-18/Ant)***

Sekilas Info

Kualifikasi Pendidikan Indonesia Mulai Diakui Tiongkok

BANDUNG, (KB).- Mahasiswa Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di Tiongkok, nantinya tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *