Sabtu, 18 November 2017
MURID SDN 02 Kota Serang mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di halaman SDN 02 Kota Serang, Jumat (10/11/2017).*

Murid SDN 02 Kota Serang Ikuti Upacara Peringati Hari Pahlawan

SERANG, (KB).- Ratusan murid SDN 02 Kota Serang menggelar upacara memperingati hari pahlawan di halaman sekolah, Jumat (10/11/2017). Para murid begitu antusias dan bersemangat mengikuti upacara bendera tersebut. Seorang guru yang bertindak sebagai pembina upacara, Warjito mengatakan, upacara tersebut untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa para pahlawan terdahulu dalam meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

”Murid harus membangun rasa kebangsaan dan patriotisme. Dengan peringatan hari pahlawan ini untuk menghargai jasa-jasa pahlawan sekaligus memberikan semangat kepada anak-anak dalam menuntut ilmu dengan meraih berprestasi,” katanya, Jumat (10/11/2017). Selain itu, peringatan hari pahlawan juga bertujuan membangun rasa kebangsaan anak-anak. Sekaligus sebagai refleksi perjuangan para pahlawan, dan sebagai pengingat bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya.

”Upacara ini dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan. Untuk menghargai jasa para pahlawan bukan hanya pada bentuk seremonial saja, bagi para murid yang dapat dilakukan yaitu belajar yang rajin, menghargai sesama, orangtua, dan guru, serta saling membantu orang lain yang membutuhkan,” katanya. Ia menuturkan, semangat kepahlawanan dan perjuangan bisa direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi.

”Murid SDN 02 bisa berprestasi itu merupakan contoh kecil dari penerus perjuangan di hari pahlawan dengan mengharumkan nama sekolah di setiap lomba-lomba yang diikuti juga termasuk sebagai perjuangan anak-anak kita dalam mengasah potensi dan kemampuan mereka. Sebagai generasi penerus bangsa diharapkan mampu mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan dengan belajar yang rajin dan berprestasi demi mencapai cita-cita,” ucapnya.

Sementara itu, seorang murid Marsa mengatakan, ia memaknai hari pahlawan dengan cara berusaha belajar yang rajin untuk menggapai cita-cita. ”Dengan rajin belajar merupakan salah satu cara kita untuk semangat meraih cita-cita. Di hari pahlawan juga jangan pernah melupakan sejarah, sebagai penerus bangsa ini harus mampu terus berjuang agar bangsa ini maju dan berdiri dengan bangsa-bangsa lainnya,” tuturnya. (DE)***


Sekilas Info

“Sepatu Orang Lain” Buku Karya Wanita Banten Dibedah di Swiss

Kita hanya mampu membeli tas tangan seharga lima ratus ribu rupiah. Ketika kawan kita membeli …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *