Selasa, 17 Oktober 2017

Menumbuhkan Rasa Cinta Bahasa Indonesia

Semarak bulan bahasa kembali digelar pihak Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bahasa Indonesia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dalam rangka menyambut Bulan Bahasa Oktober 2017 ini. Rangkaian kegiatan dilakukan mulai Rabu (4/10/2017) hingga Ahad (29/10/2017) mendatang di dua tempat berbeda, yaitu Auditorium Untirta Serang dan Aula Serba Guna FKIP Ciwaru, Kota Serang.

Bermacam event akan dihelat menjadi dua katagori, yaitu kategori pertama umum se-nasional untuk mahasiswa dan masyarakat umum, seperti baca puisi, cipta puisi, dan debat bahasa, sedangkan kategori dua, yaitu pelajar se-Banten dengan perlombaan baca pusi, cipta puisi, musikalisasi puisi, serta debat bahasa.

Ketua Pelaksana Semarak Bulan Bahasa, Melia Agustin mengatakan, kegiatan tersebut untuk menumbuhkan rasa kecintaan para pelajar maupun mahasiswa terhadap bahasa Indonesia.
“Ada berbagai macam perlombaan pada kegiatan semarak Bulan Bahasa ini dari tingkat SMP/MTs, SMA/MA, dan sederajat se-Banten, serta mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia dan masyarakat umum di Lingkungan Provinsi Banten. Tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan minat dan apresiasi dan bakat mahasiswa serta masyarakat umum terhadap bahasa Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, ucap dia, kegiatan tersebut juga sebagai ajang mengasah kreativitas para pelajar serta meningkatkan wawasan terutama dalam bidang sastra Indonesia. “Seperti nanti kan ada debat bahasa, di situ juga akan menguji wawasan mereka terhadap bahasa Indonesia yang mereka pergunakan,” tuturnya.

Ketua Prodi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Arif Sanjaya menuturkan, Bulan Bahasa dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas berbahasa secara baik. “Di Indonesia Bulan Bahasa dilaksanakan selama sebulan, kalau di luar negeri hanya seminggu, jadi kami harus bangga dengan bahasa Indoensia, karena berbahasa merupakan proses yang harus dibiasakan. Semakin terbiasa untuk berbahasa dengan baik, semakin menolong kita untuk meningkatkan kualitas berbahasa,” tuturnya.

Bahasa dan sastra dianggap perlu untuk menanamkan kesadaran pentingnya meningkatkan kualitas berpikir dan menghargai bahasa sendiri. “Semarak Bulan Bahasa ini sebagai momentum untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap bahasa Indonesia, menumbuhkan kreativitas mereka saat mengikuti perlombaan,” katanya. (DE)***


Sekilas Info

Jadi ”Guru Dadakan”, Wagub Banten Bagi-bagi Hadiah

Sebanyak 113 murid SD Citra Berkat, Citra Raya, Kabupaten Tangerang berkesempatan bertatap muka dengan Wakil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *