Senin, 11 Desember 2017

Mendikbud Apel Pagi di SMPN 10 Kota Serang

SERANG, (KB).- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, melaksanakan apel pagi di SMP Negeri 10 Kota Serang, Kelurahan Cipocok Jaya, Kecamatan Cipocok Jaya, Kamis (5/10/2017). Dalam kedatangannya dalam apel pagi di sekolah tersebut, Mendikbud meminta seluruh siswa agar dapat menguasai lagu Indonesia Raya 3 Stanza. Menurutnya, lagu tersebut memiliki kekuatan sakral untuk menumbuhkan rasa nasionalisme.”Itu lagunya harus dikuasai, dihapali dan dipahami maknanya oleh para siswa,” kata Muhadjir kepada Kabar Banten.

Dia mengatakan, lagu Indonesia Raya 3 stanza bertujuan untuk penguatan karakter, terutama menanamkan nilai-nilai nasionalisme melalui seni dan lagu Indonesia Raya. Lagu nasionalisme memiliki makna yang sangat dalam, maka harus dihapalkan oleh anak usia dini.”Kalau sudah hapal, nanti makna Indonesia Raya ini akan mudah dihayati saat dinyanyikan. Namun saat ini lagu Indonesia Raya 3 stanza ini belum sampai diterapkan ke Pemerintahan,” ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya sudah mensosialisasikan ke sekolah-sekolah selama 3 bulan. Lagu tersebut, berdurasi lebih dari 3 menit dan teknis pelaksanaannya akan di pisahkan dengan hormat bendera. “Sosialisasinya sudah 3 bulan. Saya sudah setiap minggu turun ke sekolah-sekolah untuk mempimpin upacara,” tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini Kemendikbud masih menggodok lagu tersebut dan meminta masukan dari semua pihak, karena lagu tersebut akan berlaku secara Nasional. “Sekarang masih di godok dan kami juga minta saran dari semua pihak apakah cocok, karena nanti akan berlaku secara nasional,” katanya.

Akan diterapkan

Sementara, Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan (Dindikbud) Kota Serang, Ahmad Zubaidillah menjelaskan, lagu Indonesia Raya 3 stanza akan diterapkan apabila sudah turun suratnya dari Kemendikbud. “Jadi sebetulnya aturan dari Kementeriannya belum turun,” kata Zubaidillah. Mengenai lafal dan liriknya, dia menuturkan, lagu Indonesia Raya 3 stanza selama ini baru kenal. Tiga stanza ini merupakan tambahan untuk dipahami, khususnya adalah bagi guru musik, SD dan SMP.

Adapun durasi waktu menyanyikan, memang lebih panjang untuk pengibaran bendera. Tetapi hal itu soal teknis yang mudah diatur.”Kalau aturannya dari kementerian diterima oleh kami, baru bisa diterapkan. Saat ini hanya menunggu juklak juknis (petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis) dari Kementeriannya saja,” ucapnya. (TM)***


Sekilas Info

Pegawai Untirta Dilatih Tanggulangi Kebakaran

PIHAK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Serang menggelar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *