Senin, 11 Desember 2017

Masjid Kenari

Serang memang salah satu kota yang menyimpan banyak peninggalan sejarah. Selain sebagai Ibu Kota Provinsi Banten, Kota Serang juga menjadi wilayah berdirinya kerajaan Kesultanan Banten. Kesultanan yang pertama kali dipimpin oleh putra mahkota Sunan Gunung Djati, Maulana Hasanuddin tersebut berada di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Seluruh masyarakat mengenalnya sebagai salah satu Kerajaan Islam. Pantas saja, karena dalam sejarahpun kesultanan ini dikenal sebagai salah satu Kerajaan Islam terkuat di Nusantara.

Sejalan dengan itu, di wilayah Kesultanan Banten juga banyak berdiri masjid sebagai pusat penyebaran Islam. Beberapa di antaranya masih dapat ditemui hingga saat ini. Untuk yang berada di Kota Serang, masjid-masjidnya antara lain, Masjid Agung Banten Lama, Masjid Pecinan, dan Masjid Kaujon. Di antara itu, ada juga Masjid Kenari di Kampung Kenari, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Letaknya sekitar 6 km dari pusat Kota Serang.

Penguasa Pertama Kesultanan Banten

Dikutip dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, Masjid Kampung Kenari pada masa lalu merupakan tempat tinggal para keluarga sultan. Sedangkan Masjid Kenari tersebut merupakan peninggalan Sultan Abdul Mufakhir Mahmud Abdul Kadir Kenari. Ia disebut-sebut sebagai penguasa pertama kesultanan Banten yang mendapat gelar ”sultan” dari Mekkah. Beliau adalah putra Sultan Muhammad Pangeran Ratu ing Banten. Masjid Kenari nampak seperti masjid tradisional jawa pada umumnya, dimana terdapat makam di area masjid. Makam di dalamnya membentuk sebuah kompleks.

Hal yang menarik dari Masjid Kenari ini adalah gapura pintu masuk menuju makamnya yang terbuat dari bata yang ditumpuk sedemikian rupa. Struktur bata tersebut disusun dengan menggunakan perekat, sehingga gapura yang berbentuk bentar tersebut tampak sangat kuat. Masjid tersebut berada tepat di tengah-tengah permukiman penduduk. Setiap hari masih banyak warga sekitar yang memanfaatkannya untuk beribadah. Namun demikian, belum dapat diketahui secara pasti kapan masjid ini pertama kali dibangun. (SN)***

Masjid Al-Khusaeni Carita, Peninggalan Murid Syekh Nawawi Al-Bantani

Masjid Salafiah Caringin Peninggalan Syekh Asnawi

Jejak Toleransi Islam-Budha di Banten Lama


Sekilas Info

Temuan Baru Makam di Selatan Surosowan Banten Lama

Satu temuan baru di lingkungan Banten Lama beberapa waktu lalu diketemukan berkat informasi masyarakat. Lokasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *