Rabu , Juni 28 2017 10:45 am
Home / PARIWISATA / Masjid Agung Al-Amjad, Tinggi Menara Sesuai Jumlah Ayat Alquran

Masjid Agung Al-Amjad, Tinggi Menara Sesuai Jumlah Ayat Alquran

MASJID Agung Al-Amjad yang berada di pusat kompleks Pemerintah Kabupaten Tangerang, dapat dijadikan salah satu tempat wisata religi. Dibangun dengan konsep minimalis pada tahun 2005, Masjid Agung Al-Amjad merupakan masjid termegah pertama yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Salah satu keunikan dari bangunan masjid ini adalah menara masjid terpisah dari bangunan induknya. Menara tersebut memiliki ketinggian mencapai 66,66, meter sesuai dengan jumlah ayat yang ada pada Alquran. “Menaranya sendiri dibuat dalam bentuk segi delapan, semakin keatas luas menara semakin mengecil. Berfungsi sebagai tanda keberadaan masjid agar bisa dilihat dari kejauhan,” kata Amirudin, salah seorang pengurus Masjid Agung Al-Amjad seperti dikutip Okezone, Rabu (14/6/2017).

Masjid dengan luas 24.003 meter persegi dengan status tanah waqaf tersebut memiliki fasilitas di antaranya ruang belajar TPA atau madrasah, aula serba guna, perpustakaan, taman, dan areal parkir yang cukup luas. Selama Ramadan, Masjid Agung Al-Amjad ramai dikunjungi jemaah baik dari Tangerang maupun dari luar daerah seperti Bogor dan Serang untuk beritikaf dan beribadah.

“Lokasinya cukup strategis berada di tengah-tengah kawasan pemerintahan dan mudah dijangkau baik oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum,” tutur Imran Rosadi salah seorang jemaah dari Serang. Selain itu, masjid ini memiliki konsep yang cukup unik dalam segi pencahayaan matahari. Dengan menggunakan material precast karawang untuk interior kubahnya membuat sinar matahari yang masuk tidak terlalu menyorot ke dalam masjid.

Secara keseluruhan dalam bentuk tampilan, serta keseimbangan, bangunan Masjid Al-Amjad ini telah direncanakan dengan cukup baik. Selain sebagai sarana ibadah masjid agung ini juga bisa dijadikan sebagai wisata religi bagi umat muslim yang sedang berkunjung ke wilayah Kabupaten Tangerang. (Suni/KB)***

Sekilas Info

Batu Cinta di Kaki Gunung Karang

Panorama alam gunung tampak hijau dan lebat serasa membawa kesejukan dan keindahan alam Pandeglang. Pemandangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *