Kamis, 19 Oktober 2017

Mahasiswa STIE Bina Bangsa Edukasikan Koperasi

SERANG, (KB).- Puluhan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Bangsa membantu mengenalkan manfaat serta tujuan koperasi pada masyarakat Desa Jagabaya, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. Hal tersebut dilakukan untuk membangun tatanan perekonomian masyarakat melalui koperasi. “STIE Bina Bangsa terus konsisten untuk memenuhi kewajiban tridharma perguruan tinggi. Salah satu perwujudan tridharma tersebut, adalah kuliah kerja mahasiswa (KKM) sebagai bentuk pengabdian masyarakat,” kata Ketua Panitia Seminar Koperasi, Ridwanun Nazat kepada Kabar Banten, Selasa (8/8/2017).

Menurut dia, selama ini masyarakat setempat belum mengenal dan mengetahui tentang koperasi. Maka, mahasiswa STIE Bina Bangsa yang tergabung dalam peserta KKM 50 membantu mengenalkan koperasi kepada warga sekitar bersama aparatur desa setempat. “Acara ini bertujuan mengenalkan serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang apa itu koperasi serta untuk mendukung program desa terkait pembentukan koperasi. Kegiatan kami disambut dengan antusias warga yang hadir. Terbukti dihadiri kurang lebih 60 peserta, terdiri dari aparatur desa, ketua RT/RW, pelaku bisnis UMKM, dan karang taruna setempat, serta warga desa,” tuturnya.

Ia menuturkan, selama ini di Desa Jagabaya, untuk perekonomian masyarakatnya hanya mengandalkan Bank Syariah dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). BUMDes di Desa Jagabaya dalam pelaksanaannya juga dirasa kurang maksimal, karena kurangnya SDM (sumber daya manusia) dan pengetahuan manajemen dalam pengelolaannya. “Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk mengenalkan kepada masyarakat Desa Jagabaya tentang apa itu koperasi dan manfaatnya bagi perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Ia menjelaskan, banyak pertanyaan yang diajukan, salah satunya masalah teknis pengelolaan koperasi serta hambatan yang sering muncul ketika koperasi sedang berjalan. “Setelah mengikuti acara tersebut, beberapa warga senang dan termotivasi serta berharap bisa berkolaborasi dengan aparatur desa dalam mendirikan koperasi desa,” ujarnya. Acara seminar tersebut terselenggara berdasarkan hasil dari penelitian dan wawancara Kelompok KKM 50 STIE Bina Bangsa dengan masyarakat dan aparatur Desa Jagabaya. Seminar koperasi tersebut diselenggarakan di Kantor Desa Jagabaya, Kecamatan Warunggunung, Kabupaten Lebak. (H-49)***


Sekilas Info

Rayakan Ulang Tahun Ke-3, IKEA Permudah Akses Pelanggan

TANGERANG, (KB).- IKEA merayakan hari ulang tahun ketiganya di Indonesia dengan acara IKEA 3rdAnniversary. Memasuki usia …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *