Sabtu, 16 Desember 2017

LSP HCI Siap Tingkatkan Profesionalitas SDM Pariwisata

Sejalan dengan kebijakan Pemerintah Provinsi Banten yang bertekad untuk mengembangkan sektor pariwisata, sejumlah pelaku pariwisata di Banten ternyata telah berinisiatif mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI). Saat ini, LSP HCI sudah siap meningkatkan kompetensi dan profesionalitas sumber daya manusia (SDM) Pariwisata.

Pada acara Halal Bihalal PHRI BPD Banten di Hotel Puri Kayana, Kota Serang, pekan ini, Wakil Direktur Pelaksana LSP HCI, Dian Suhandi mempresentasikan LSP HCI di hadapan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Hj. Eneng Nurcahyati, Ketua PHRI BPD Banten H. Ahmad Sari Alam dan para pelaku pariwisata.

Menurut Dian, LSP HCI sudah bisa beroperasi karena sudah legal. Akta pendiriannya bernomor 52 dari Notaris Dinah, SH. Sementara Lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bernomor: KEP.0588/BNSP/VI/2017.
“Hal yang lebih membanggakan kita adalah kategori LSP HCI ini P 3 (Pihak 3) Nusantara. Ini berarti LSP HCI bisa beroperasi se-Indonesia,” kata Dian seraya menegaskan LSP yang berkategori P 3 di Banten ini baru LSP HCI ini.

Meski LSP HCI memungkinkan melayani sertifikasi nusantara, namun manajemen menetapkan untuk tahap awal fokus pada Provinsi Banten. Dian menegaskan, LSP HCI didukung Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Indonesian Food and Beverage Association (IFBEC) dan Asosiasi Chief Engineering (ACE). Selain itu, LSP HCI juga didukung oleh assessor profesional di bidang perhotelan.

Sementara itu untuk tempat uji kompetensi (TUK) yang telah diverifikasi di Akademi Pariwisata Nasional Indonesia (Akparindo) Cilegon. Selanjutnya, rencana dalam tiga bulan, akan ditambah empat TUK di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kabupaten Serang.
Menurut Dian, skema sertifikasi okupasi yang telah mendapatkan verifikasi BNSP meliputi receptionist, bellboy, room attendant, waiter, bartender dan chef de partie. ”Kami berharap seluruh pegawai PHRI, SMK pariwisata dan akademi-akademi pariwisata bisa memanfaatkan LSP HCI ini untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitasnya,” kata Dian.

Meningkatkan Kualitas Karyawan

“Oleh karena itu, pada para pimpinan hotel dan restoran silakan memanfaatkan LSP HCI ini untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas karyawannya. Jadi, sekarang, gak usah keluar Banten untuk meningkatkan kualitas karyawannya,” ujar Dian kepada para pimpinan hotel dan restoran di Banten.
Terkait jumlah sesor, sampai terbitnya lisensi, sebanyak 28 orang. Keahlian mereka bervariasi sesuai enam skema yang ada. “Target asesi untuk kurun waktu tiga tahun sebanyak 3.500 orang,” ucapnya.

Sumber biaya asesmen berasal dari subsidi pemerintah, anggaran coorporate social responsibility, dan biaya mandiri pemohon. “Mudah-mudahan Dinas Pariwisata Banten bisa mengalokasikan anggaran untuk peningkatan SDM pariwisata ini,” tutur Dian kepada Kepala Dinas Pariwisata Eneng Nurcahyati yang hadir pada acara itu. (Sutisna/KB)*


Sekilas Info

Wisata Religi Dalem Wong Sagati

Umat Islam di berbagai penjuru dunia sangat bersuka cita dengan masuknya bulan Rabiul Awwal, atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *