Kamis, 19 Oktober 2017

Lebaran Betawi di Tangsel, Diusulkan Jadi Event Provinsi Banten

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menggagas pertukaran festival budaya di Provinsi Banten, untuk memperkenalkan berbagai budaya yang ada di Provinsi Banten kepada masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Andika Hazrumy ketika menghadiri Gelar Budaya Lebaran Betawi di Kelurahan Jurangmangu, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (29/7/2017) akhir pekan lalu.
Andika mengatakan, antusias masyarakat terhadap gelar budaya lebaran betawi sangat tinggi. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan perhatian khusus, sehingga festival budaya yang digelar ketiga kalinya di Kota Tangerang Selatan tersebut ditingkatkan menjadi event provinsi ataupun nasional. “Oleh karena itu, dalam rangka menguatkan identitas kebudayaan, Pemerintah Provinsi Banten akan selalu mendukung,” katanya.

Ia menjelaskan, Banten terdiri dari berbagai suku, sehingga memiliki berbagai budaya yang berbeda. Dalam hal ini, pemerintah dinilai perlu untuk hadir memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait budaya-budaya yang ada di Provinsi Banten. Dirinya berencana menginisiasi agar dilakukan pertukaran festival budaya. Selain mengenalkan dan menambah pengetahuan masyarakat dengan budaya penjuru Banten lainnya, namun juga dapat memberikan hiburan kepada masyarakat bahkan meningkatkan sektor pariwisata daerah tersebut.

“Misalnya festival gelar budaya lebaran betawi, bukan hanya digelar di Tangerang saja tapi juga di Kota Serang agar masyarakat Kota Serang atau seperti apa lebaran Betawi. Begitu pun dengan budaya lain dari setiap daerah seperti pertukaran,” ujar Andika. Dirinya menegaskan, pemerintah baik pemerintah provinsi, kabupateh ataupun kota akan memberikan ruang terkait dengan eksistensi budaya yang ada di Banten. “Saya harap baik suku Betawi, suku Sunda, suku Jawa, serta suku lain di Provinsi Banten tetap menjaga tali silaturahmi dan persaudaraan menjadikan identitas kebudayaan tersebut sebagai identitas kebersamaan dalam kaitan identitas Provinsi Banten,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Lima Beta, Hambali yang telah menginisiasi gelar budaya lebaran betawi mengungkapkan, Lebaran Betawai merupakan sebuah tradisi dikalangan masyarakat turunan Betawi asli Jakarta. Namun seiring dengan perkembangan zaman sejumlah masyarakat turunan Betawi mulai berpindah ke daerah-daerah sekitaran Jakarta, salah satunya adalah Kota Tangerang Selatan.  Pihaknya mengaku gelaran tersebut sebagai upaya melestarikan budaya leluhur Betawi untuk saling bersilaturahmi, namun dituangkan dalam festival kebudayaan yang dapat diikuti oleh masyarakat luas.
“Gelaran budaya diramaikan segala sesuatu yang identik dengan betawi, mulai kuliner, tarian hingga kerajinan tangan,” tuturnya. (Suni/KB)***


Sekilas Info

Bedolan Pamarayan Diserbu Warga

SERANG, (KB).- Setelah 10 tahun tak pernah digelar, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang menggelar kembali Festival Bedolan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *