Sabtu, 18 November 2017

Keindahan Wisata Pulau Oar di Ujung Kota Badak

Kabupaten Pandeglang tidak saja terkenal sebagai daerah agraris, namun kaya potensi wisata. Bukan saja terkenal dengan keelokan Pantai Carita dan Tanjung Lesung. Tetapi dibelahan Ujung Kulon bumi Pandeglang, tepatnya di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang terdapat wisata Pulau Oar.

Pulau yang jaraknya dekat dengan daratan, dan hanya ditempuh dalam waktu 20 menit dari Pasar Sumur itu telah menjadi idola bagi wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara (Wisman).
Kawasan wisata ini cocok bagi pecinta wisata bahari, karena untuk bisa tiba di lokasi itu pengunjung cukup mengeluarkan biasa Rp 20.000 menaiki perahu nelayan bisa langsung diantar ke pulau.

Pulau Oar itu memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Karena terdapat di sekitar pulau tersebut terdapat saung bambu sebagai tempat wisatawan untuk melepas lelah. Saat rebahan di saung bambu, kita bisa menikmati indahnya pemandangan alam indah. Selain mengetahui jenis-jenis pohon di dalam pulau, kita juga dapat melihat jenis satwa, seperti kera, burung hutan dan burung laut.

Tidak sekadar itu, para wisatawan bisa mengisi liburan di pulau, karena ada lokasi perkemahan.  “Lebih asyik lagi, saat melihat daratan pulau dengan pasir pantai yang sangat putih. Ya, wisata pulau ini terkenal dengan keindahan lautnya dan pantainya yang putih. Cocok bagi wisatawan yang mengisi waktu libur bersama keluarga,” kata pengelola Pulau Oar, HM. Hayat kepada Kabar Banten, Kamis (9/11/2017).

Selain menikmati indahnya pantai di kawasan itu, pengunjung bisa menikmati kuliner khas Sumur yang tersedia di kantin kayu pulau tersebut. Di sana ada menu pisang goreng, roti bakar dan makanan ringan.
Bagi pengunjung yang menyukai ikan bakar, bisa langsung memasak di lokasi yang akan dipandu oleh pengelola wisata pulau.  Selain menikmati makanan, pengunjung bisa melakukan aktivitas bermain banana boat, diving, dan main speedboat.

Menurut Hayat, wisata ini cukup terkenal bahkan namanya sudah menasional. Sebab, setiap akhir pekan selalu banyak wisatawan asing berlibur di pulau tersebut. Sebagian pengunjung Pulau Umang juga sering menyempatkan waktu untuk singgah di Pulau Oar.

Kepala Dinas Pariwisata, Salman Sunardi mengakui keindahan Pulau Oar. Pihaknya terus mempromosikan wisata pulau di Pandeglang, karena ada sekitar 33 pulau kecil yang bisa dijadikan wisata bahari. “Pemerintah tidak saja mengembangkan destinasi wisata pantai, namun ke depan akan terus menata potensi pulau-pulau kecil yang bisa dijadikan andalan wisata. Apalagi wisata ini menjadi salah satu visi dan misi pemerintah daerah sejalan dengan telah ditetapkannya Pandeglang sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). (TB. A. Turmahdi)***


Sekilas Info

Kerkhoff, Makam Belanda di Banten Lama

Banten Lama salah satu kawasan yang menyimpan berbagai tinggalan arkeologis ini, sepertinya tidak habis-habisnya mengungkapkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *