Selasa, 17 Oktober 2017

Kawal Perencanaan Hingga Pelaksanaan Program, Disdikbud Akan Libatkan Kejaksaan

SERANG, (KB).- Pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Banten akan melibatkan kejaksaan untuk mengawal program-program pendidikan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. Hal tersebut menindaklanjuti nota kesepahaman antara pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kejaksaan Republik Indonesia, beberapa waktu lalu.

Kepala Disdikbud Provinsi Banten, E Kosasih Samanhudi menuturkan, ada empat hal yang menjadi ruang lingkup nota kesepakatan, yaitu pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan tindakan hukum lainnya di bidang perdata dan tata usaha negara, pengawalan serta pengamanan oleh Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4), koordinasi dan optimalisasi kegiatan pemulihan aset dan program Jaksa Masuk Sekolah.

“Pengawalan yang dilakukan oleh kejaksaan ini dari mulai perencanaan sampai dengan pelaksanaan. Hal tersebut bertujuan untuk percepatan pembangunan di bidang pendidikan,” katanya, Rabu (4/10/2017). Ia menjelaskan, program Jaksa Masuk Sekolah akan melibatkan pihak Dinas Pendidikan pada tingkat kabupaten/kota dan sejumlah sekolah yang menjadi lokasi program tersebut. Selain itu, pihaknya juga akan meminta pihak kepolisian terkait dengan program Polisi Sahabat Sekolah.

“Kedua lembaga penegak hukum ini akan melakukan pengawalan dan pendampingan, dari proses perencanaan program kerja sampai dengan pelaksanaannya,” tuturnya. Ia mengatakan, peralihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi masih menyisakan persoalan terutama aset. “Untuk mengatasi hal tersebut, Disdikbud Banten akan bekerja sama dengan BKD untuk melakukan verifikasi aset tersebut, agar cepat selesai dan tidak menjadi persoalan di kemudian hari,” ucapnya.

Diketahui, pihak Kemendikbud menandatangani nota kesepakatan dan perjanjian kerja sama dengan Kejagung, di Jakarta, Kamis (28/9/2017) lalu. Nota kesepakatan ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy serta Jaksa Agung, HM Prasetyo. Pada kesempatan tersebut, juga turut ditandatangani kesepakatan bersama Kepala Kejaksaan Tinggi dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi seluruh Indonesia yang dilaksanakan di daerah masing-masing dan disaksikan melalui sarana konferensi video. (RI)***


Sekilas Info

Jadi ”Guru Dadakan”, Wagub Banten Bagi-bagi Hadiah

Sebanyak 113 murid SD Citra Berkat, Citra Raya, Kabupaten Tangerang berkesempatan bertatap muka dengan Wakil …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *