Selasa, 12 Desember 2017

Kawah Putih Gunung Karang

Para pecinta traveling wisata alam banyak mengenal keindahan wisata alam Gunung Karang di Pandeglang, Provinsi Banten. Tidak saja rute menuju lokasinya cukup menantang gairah wisata, tetapi banyak keajaiban alam yang bisa ditemui di kaki gunung tersebut. Selain terkenal dengan keajaiban sumur tujuh yang konon katanya memiliki kekuatan spiritual, juga bisa memberikan anugerah bagi orang yang meyakininya.

Bahkan, Gunung Karang ini juga disebut sebagai paku bumi di tanah Banten. Sebab, sekilas mendengar legendanya bahwa Gunung Karang ini menyimpan harta karun alam, berupa wisata religi seperti makam simpeureum. Bagi para pecinta wisata gunung, di lokasi bisa merasakan kesejukan alam Banten. Bahkan saat kita berada di puncak gunung bisa melihat jelas pemandangan kota di Banten.

“Kami pernah menjelajahi wisata alam Gunung Karang. Saat tiba di kakinya, kami bisa singgah dulu di Kampung Domba, wisata yang sudah terkenal di Banten. Disana kita bisa melihat pemandangan indah, dan menikmati kuliner,” kata Enur, pecinta wisata alam kepada Kabar Banten, Jumat (24/11/2017).

Selain itu, saat melanjutkan perjalanan menuju bukit gunung, kita bisa menikmati segarnya sumber mata air yang keluar dari sumur tujuh. “Ada yang paling menakjubkan saat kita berdiri di bukit itu bisa melihat keindahan kawah putih. Kawah putih Gunung Karang ini tampaknya masih murni, karena masih cukup bersahabat dengan alamnya yang masih natural,” katanya.

Menurutnya, kawah putih gunung Karang ini memang letaknya agak tersembunyi karena harus melintasi hutan belantara. Selain itu, posisi kawah putih ini berada di jurang, dan kita hanya bisa memandanginya dari atas lembah. “Sayang anugerah alam ini belum terjamah oleh pemerintah daerah. Jika saja dikelola dengan membangun infrastruktur menuju wisata alam Gunung Karang, maka kawah putih ini akan layak menjadi destinasi wisata di kota badak,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata, Salman Sunardi mengatakan, potensi wisaya alam banyak terdapat di Gunung Karang. Tidak saja wisata sumur tujuhnya, namun disana banyak keajaiban alam. Di lereng gunung juga banyak pohon lemo sebagai penakluk ular, dan bunga kantong semar sebagai bunga hiasan yang menarik.

“Namun kawasan hutan Gunung Karang itu masih wewenang kehutanan. Jadi kita hanya bisa mempromosikan potensinya, dan belum bisa menata infrastruktur menuju kawasan wisatanya,” ujarnya. (Endang Mulyana)***


Sekilas Info

Temuan Baru Makam di Selatan Surosowan Banten Lama

Satu temuan baru di lingkungan Banten Lama beberapa waktu lalu diketemukan berkat informasi masyarakat. Lokasi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *