Kamis, 24 Agustus 2017

Jelang Lebaran BI Batasi Penukaran Uang Baru

SERANG, (KB).- Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Banten akan membatasi penukaran uang baru jelang Idulfitri atau Lebaran maksimal Rp 3,7 juta per orang. Kegiatan penukaran dilakukan melalui kas keliling serta membuka pelayanan di Kantor BI Provinsi Banten. “Kami juga melayani penukaran di kantor baru yang berada di daerah Palima, Kota Serang. Kegiatan penukaran ini bekerja sama dengan BI pusat,” kata Kepala Kantor BI Perwakilan Provinsi Banten, Budiharto Setyawan, Kamis (8/6/2017).

Ia menuturkan, syarat penukaran uang, yaitu untuk jumlah Rp 200.000 dapat ditukarkan dengan 100 lembar uang Rp 2.000, jumlah Rp 5000.000 dapat ditukarkan dengan 100 lembar uang Rp 5.000, jumlah Rp 1 juta dapat ditukarkan dengan 100 lembar uang Rp 10.000 dan jumlah Rp 2 juta dapat ditukarkan dengan 100 lembar uang Rp 20.000. “Tahun ini, kami menyediakan Rp 1,6 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya hanya Rp 600 miliar saja,” ujarnya.

Menurut dia, peningkatan persediaan uang penukaran tersebut dikarenakan tahun ini Kantor BI perwakilan Banten telah sepenuhnya beroperasi di tempat baru atau gedung baru. “Jumlah tersebut tidak hanya untuk masyarakat saja, tetapi perbankan juga diminta untuk melayani penukaran kepada masyarakat,” ucapnya. Sebelumnya, ia mengatakan, mulai Kamis (8/6/2017) BI Perwakilan Banten sudah resmi menarik kas titipan yang sebelumnya dititipkan di Bank BJB dan transaksi kliring di BNI. Hal tersebut dikarenakan Kantor BI akan mulai beroperasi pada Jumat (9/6/2017) dan semua layanan perbankan BI akan dipindahkan langsung ke Kantor BI yang baru.

“Kami upayakan semua uang yang diterima untuk penukaran, adalah uang tahun emisi 2016, karena ini juga merupakan upaya sosialisasi terhadap uang baru kepada masyarakat. Kami juga telah menyebar ke di masing-masing perbankan, sehingga masyarakat masih bisa melakukan penukaran uang di bank lain. Saat ini, BI hanya membuka mobil kas keliling untuk penukaran, sementara untuk loket penukaran hanya menerima pengaduan maupun penukaran uang rusak, uang cacat, dan pengaduan temuan uang palsu,” tuturnya. (H-49)***


Sekilas Info

Tingkatkan Analisis Kredit, Karyawan BPR Ikuti Pelatihan

SERANG, (KB).- Sejumlah karyawan Bank Perkreditan Rakyat BPR) di Banten terus meningkatkan kompetensi analisis kredit serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *