Jumat, 24 November 2017

Jejaring Wisata Banten Diperkuat

SERANG, (KB).- Kementerian Pariwisata RI terus menggenjot peningkatan daya saing pariwisata di berbagai daerah salah satunya di Provinsi Banten dengan melakukan berbagai cara, untuk memperkuat jejaring wisata yang ada di Provinsi Banten. Tim Pokja Destinasi Prioritas Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung Kementerian Pariwisata, Ida Irawati mengatakan, penguatan jejaring wisata perlu dilakukan agar daya saing pariwisata terus mengalami peningkatan serta mampu mendongkrak angka kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

“Untuk meningkatkan daya saing, angka kunjungan dan investasi hari ini kita agendakan penguatan jejaring wisata agar tumbuh paket pariwisata yang terstandardisasi,” ujar Ida, saat menghadiri kegiatan Penguatan Jejaring Wisata Banten, di Aston Anyer Hotel, Kabupaten Serang, Rabu (23/8/2017). Ida memaparkan, dengan menghadirkan berbagai pakar sebagai narasumber diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi stakeholder dan semua unsur pariwisata yang hadir dalam membuat pariwisata Banten berdaya saing dan berstandar internasional.  “Dengan menghadirkan berbagai pakar dari Canada, pakar MICE semua bisa mengoptimalkan agenda ini agar paket wisata di Banten bisa berdaya saing dan berstandar global dan dimasukkan dalam formulasi wonderful Indonesia,” tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah pusat sudah menetapkan 10 Destinasi Prioritas salah satunya KEK Tanjung Lesung yang diharapkan memberikan dampak baik pada destinasi sekitar Tanjung Lesung seperti Ujung Kulon, Carita hingga Anyer. Ida berharap dengan dilangsungkannya kegiatan tersebut mampu membuat perubahan yang lebih baik di berbagi unsur pariwisata. “Tentu kita berharap, melalui agenda ini, akan adanya peningkatan tata kelola destinasi, peningkatan pemasaran dan promosi, dan packaging pariwisata berstandar internasional,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, kegiatan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik oleh semua peserta sehingga mampu mengembangkan pariwisata Banten ke arah yang lebih baik. Salah satunya dilihat dari kunjungan wisatawan yang terus mengalami peningkatan.  “Saya berterima kasih kepada kemenpar atas diselenggarakannya kegiatan ini, dan peserta harus memanfaatkan ilmu yang didapat disini dengan baik, sehingga kunjungan wisatawan ke Banten semakin meningkat,” ujar Eneng.

Dalam kegiatan tersebut, Kemenpar RI juga mengajak para peserta keliling ke berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Sangiang, Kabupaten Serang. Beberapa venue yang dikunjungi yaitu seperti Pantai Panjang, Goa Kelelawar, hingga Bukit Harapan yang membuat decak kagum para peserta yang ikut.
Para peserta yang terdiri dari unsur pentahelix pariwisata seperti pemerintah, akademisi, bisnis, media, serta komunitas begitu antusias mengabadikan momen perjalanan di setiap spot. (H-42)***


Sekilas Info

Kawah Putih Gunung Karang

Para pecinta traveling wisata alam banyak mengenal keindahan wisata alam Gunung Karang di Pandeglang, Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *