Senin, 11 Desember 2017

Jamkrida Banten Akui Masih Lemah di Permodalan

SERANG, (KB).- PT Jaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Banten mengaku masih lemah dari segi permodalan, namun, sudah mampu meraih peringkat id BBB- atau stabil terkait tata pengelolaan dan prosesnya. ”Dengan adanya pemeringkatan ini, PT Jamkrida Banten mendapatkan peringkat idBBB- atau stabil. Artinya, bahwa batas minimal tata pengelolaan dan prospek kita hasilnya bagus. Namun, kita masih lemah di modal,” kata Direktur Utama PT Jamkrida Banten Hendra Indra Rachman kepada Kabar Banten, Senin (25/9/2017).

Hendra mengatakan, sesuai dengan peraturan Bank Indonesia (BI), pihaknya akan melakukan kerja sama dengan bank besar dan produk penjaminan pada UMKM serta bekerja sama dengan BPR-BPR yang ada. ”Rencananya modal harus ditambah. Kami berharap nanti bisa ada penambahan modal,” ujarnya. Hendra berharap, Jamkrida dapat bekerja sama dengan Bank Umum Nasional untuk melakukan penjaminan kredit/pembiayaan yang disalurkan kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Banten, agar dapat menjamin proyek-proyek yang dibiayai oleh perusahaan yang berbadan hukum BUMN.

Dia mengatakan, saat ini Jamkrida Banten sudah memiliki beberapa produk seperti penjaminan resi gudang yang membantu petani untuk memperoleh kredit dari perbankan menggunakan agunan resi gudang. Tentunya hal tersebut membutuhkan penjamin dan sejalan dengan harapan Gubernur Banten agar dapat memberikan pembiayaan petani. ”Selain itu, ada peminjaman Vintec yaitu suatu hal yang tumbuh dimana para pengusaha memperoleh pinjaman fasilitas kredit dari teknologi seperti e-commerce,” ucapnya.

Sementara, terkait pemeringkatan, kata Hendra, PT Jamkrida dapat mengetahui hasil penilaian mengenai tata kelola perusahaan khususnya pengelolaan risiko meliputi risiko industri, risiko bisnis, dan risiko keuangan. ”Mengingat tiga risiko tersebut juga dijadikan dasar pengukuran oleh PT Pefindo yang memberikan peringkat,” tuturnya. (TM)***


Sekilas Info

Aset Perbankan di Banten Melambat

SERANG, (KB).- Aset perbankan di Provinsi Banten pada triwulan III 2017 tercatat senilai Rp 189,26 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *