Selasa, 17 Oktober 2017

Inflasi Kota Cilegon Siaga Tinggi

CILEGON, (KB).- Bank Indonesia (BI) menilai inflasi per triwulan di Kota Cilegon cukup tinggi. Sehubungan itu Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon diminta untuk segera mengambil langkah guna mengendalikan inflasi tersebut. Kepala Seksi Stabilisasi Harga pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kota Cilegon Ikhsan Hasibuan mengatakan, inflasi di Kota Cilegon masuk siaga tinggi. Penyebabnya cukup banyak, mulai dari harga pasar, biaya transportasi, hingga dampak pengangguran.  “Tidak bisa hanya dilihat dari satu sektor saja, banyak penyebabnya. Namun pemicu inflasi tertinggi memang dari harga makanan pokok,” katanya, Rabu (11/10/2017).

Menurut dia, gaya hidup warga Kota Cilegon yang terlalu konsumtif menjadi salah satu penyebab tingginya harga makanan. Padahal, pihaknya telah melakukan sejumlah program guna menurunkan harga makanan pokok. “Kami sudah bekerjasama dengan BI, yakni mengangkat kelompok tani binaan untuk memastikan tidak adanya kelangkaan bahan pokok di pasar. Namun sayangnya, kami tidak bisa intervensi harga. Sebab itu masuk pada mekanisme pasar,” tuturnya. Kondisi siaga tinggi inflasi di Kota Cilegon, kata dia, sudah dibahas hingga Rapat Koordinasi (Rakor) Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) Tim Pemantau dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), di Jakarta, pekan lalu.

Menindaklanjuti rakor tersebut, Pemkot Cilegon beserta BI akan menggelar rakor tingkat Kota Cilegon. “Nanti 26 Oktober 2017, kami akan melakukan rapat gabungan membahas kondisi inflasi di Kota Cilegon. Ada 15 instansi pemerintah yang akan mengikuti rakor nanti, seperti Pertamina, BPS, juga OPD-OPD yang berkaitan dengan inflasi,” tuturnya. Disdagperin Cilegon pada rapat nanti, menurut dia, akan mengusulkan program sesuai tupoksi dinas. Selain meminimalisir kelangkaan bahan makan pokok, juga melakukan pengawasan harga setiap hari. “Tupoksi kami kan pengawasan harga. Kedepan akan kami lakukan setiap hari non stop,” ucap Ikhsana.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Kebangkitan Demokrasi (FKD) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Kota Cilegon Rahmatulloh menilai, kebijakan-kebijakan pemerintah pusat sesungguhnya penyebab inflasi tinggi di Kota Cilegon. Politisi Partai Demokrat ini mengatakan, banyak langkah pemerintah pusat justru menyebabkan daya beli masyarakat Cilegon menurun. “Seharusnya pemerintah pusat yang seharusnya mengambil langkah, bukan pemerintah daerah. Sebab banyak kebijakan-kebijakan yang selama ini telah merugikan daerah, salah satunya Kota Cilegon,” katanya.

Ia menuturkan, salah satunya tentang kebijakan pengalihfungsian kewenangan Sekolah Menengah Atas/Sekolah menengah Kejuruan (SMA/SMK), dari kabupaten kota ke provinsi. Dimana imbas dari kebijakan tersebut, orang tua murid harus membayar SPP dan biaya-biaya lain, padahal sebelumnya gratis.  “Mending saja untuk orang tua yang mampu membayar, tidak masalah. Tapi bagi mereka yang kurang mampu, atau orang tuanya kurang produktif, itu sangat merugikan. Biasanya gratis saat jadi kewenangan daerah, sekarang harus bayar,” ujarnya.

Begitu pula ketika kebijakan kenaikan harga BBM dan listrik. Ini membuat daya beli masyarakat semakin menurun. “Jika memang niat pemerintah pusat ingin menaikkan daya beli masyarakat, turunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dan juga listrik. Jadi sekali lagi saya katakan, seharusnya yang turun tangan adalah pemerintah pusat, bukan daerah,” katanya.  Bahkan, menurut Rahmatullah, pada kebijakan ekonomi 2017 tentang investasi di Kota Cilegon, itu pun tidak memberikan dampak signifikan bagi masyarakat Cilegon.

Menurut Rahmatullah, seharusnya kebijakan tersebut dibarengi dengan kepastian masyarakat lokal mendapatkan pekerjaan. “Apakah kebijakan membuka investasi sebesar-besarnya telah menurunkan angka pengangguran di Cilegon, ternyata tidak. Ini karena masyarakat lokal tidak diberi kepastian untuk mendapatkan pekerjaan. Alih-alih dengan alasan SDM, warga lokal tidak diberikan kesempatan bekerja. Padahal kalau boleh di adu, saya yakin banyak warga Cilegon lebih mampu untuk menguasai pekerjaan di perusahaan yang ada di Cilegon,” ucap Rahmatulloh. (AH)***


Sekilas Info

Daftar Di KPUD, Golkar Cilegon Unjuk KekuatanKekuatan

CILEGON, (KB).- DPD II Partai Golkar  Kota Cilegon resmi mendaftar ke Kpud Kota Cilegon, bahkan partai …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *