Sabtu, 18 November 2017

HKN ke-53, Dinkes Kota Tangerang Segera Luncurkan Si Seksi

TANGERANG, (KB).- Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang memperingatinya sebagai hari intropeksi diri. Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Dinkes Kota Tangerang dr Liza Puspadewi saat ditemui di acara HKN di Gedung Dinkes Kota Tangerang, Minggu (12/11/2017).

“Sebetulnya Hari Kesehatan Nasional di kami, di Dinkes Kota Tangerang sebagai hari interopeksi diri. Kaitan interopeksinya, apakah kegiatan kita yang kemarin menambah kegiatan sebelumnya dan kegiatan berikutnya apa?” ujarnya. Maka dari itu, kegiatan berikutnya Dinkes Kota Tangerang adalah akan meluncurkan beberapa program, salah satunya program Si Seksi.

Terkait Si Seksi, Liza menjelaskan, bahwa ini adalah tentang sistem monitoring semua siklus kehidupan, yang artinya Dinkes Kota Tangerang akan memonitoring manusia, mulai dari masa konsesi yang dilihat pada ibu hamil triwulan pertama, kemudian sampai ia lansia dan seribu Hari Pertama Kehamilan (HPK).

Seribu HPK itu adalah hari yang rawan untuk anak, jadi ketika anak itu melewati seribu hari, maka dia sudah melewati suatu fase dalam kehidupan dia. “Kemudian selanjutnya masuk ke usia sekolah, dari usia sekolah sampai usia 18 tahun, lalu masuk ke usia produktif sampai usia 50 tahun dan masuk ke usia lansia dan itu akan semua kami monitoring,” jelasnya.

Sistem monitoring Si Seksi, menurut Liza, cara memonitoringnya dengan mengintegrasikan cagar jasa. “Pada saat masyarakat mengunjungi puskemas atau pada saat kita kunjungan ke rumah warga. Kita juga punya book guiden untuk memonitor pasien itu sampai dia lansia,” paparnya.

Cereb Room 

Selain akan program Si Seksi, Dinkes Koa Tangerang meresmikan Cereb Room yang menjadi pusat kendali dan monitoring bidang kesehatan di Kota Tangerang. Cereb Room tersebut diresmikan langsung oleh Wali Kota Arief R. Wismansyah yang didampingi oleh Wakil Wali Kota Sachrudin di Kantor Dinas Kesehatan, Jl. Daan Mogot Kota Tangerang, Kemarin.

“Cereb Room ini mengambil filosofi Cerebroom yang berarti otak kecil. Jadi ruangan ini menjadi semacam otak kecil bagi Pemkot Tangerang untuk memonitoring masalah kesehatan di wilayahnya,” ujar Liza saat menjelaskan fungsi Cereb Room kepada Wali Kota.

Cereb Room, yang berada di komplek Kantor Dinas Kesehatan tersebut fungsinya hampir sama dengan Tangerang Live Room yang telah dimiliki oleh Pemkot Tangerang. “Namun ini lebih ke tehnis menunjang operasional Dinas Kesehatan dalam melayani masyarakat,” ujarnya.

Liza menuturkan, Celeb Room  bisa memantau langsung sebaran layanan ambulan yang dimiliki Dinkes Kota Tangerang, termasuk juga memonitor layanan kesehatan di Puskesmas. Karena nantinya, kata dia, semua puskesmas akan kita lengkapi dengan CCTV, meskipun sekarang baru lima puskesmas yang sudah. Cereb Room jelas dr. Liza juga menjadi pusat pengolahan data kesehatan yang ada di Kota Tangerang. “Ini bisa dilihat per-kecamatan terkait sebaran penyakit yang ada,” jelasnya. (DA)***

 


Sekilas Info

Pabrik Tiner Terbakar

TANGERANG, (KB).- Kebakaran hebat terjadi di Pabrik Mustika Carana Laksana, Jalan Manis 5 No. 17 Kampung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *