Sabtu, 18 November 2017

Gunung Santri, Persembunyian para Tokoh

Gunung Santri adalah sebutan sebuah bukit sekaligus nama kampung di Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Gunung Santri berada di tengah gugusan gunung-gunung yang memanjang dimulai dari pantai dan berakhir pada gunung induk yaitu Gunung Gede.

Kawasan ini selalu dijadikan objek wisata religi yang ramai dikunjungi warga. Karena di kawasan Gunung Santri terdapat makam para tokoh pahlawan zaman Kesultanan Banten. Makam para tokoh terlihat dari banyaknya kuburan berbatu nisan kuno yang berada di sepanjang jalan menuju puncak gunung.

Salah satu tokoh zaman kesultanan yang dikuburkan di puncak Gunung Santri yaitu Syekh Muhammad Sholeh. Ia adalah Santri Sunan Ampel. Dahulu ia dikenal sebagai salah satu ulama yang aktif menyebarkan Islam. Penyebarannya hingga seluruh wilayah pantai utara Banten.

Syekh tersebut meninggal dalam 76 tahun pada 1550 Hijriah. Di dekat kuburannya juga terdapat kuburan santrinya yaitu makam Malik, Isroil, Ali dan Akbar. Keempatnya termasuk santri setia yang selalu menemani syekh dalam menyiarkan agama Islam.

Selain terdapat kuburan tokoh tersebut, dikutip dari laman Bantenologi, Gunung Santri juga dikisahkan pernah menjadi Ki Wasyid, salah seorang tokoh Banten yang aktif melakukan perlawanan terhadap perjajahan Belanda. Ki Wasyid menjadikan Gunung Santri sebagai tempat persembunyian bersama pengikutnya untuk mengatur strategi menghadapi perlawanan para penjajah Belanda. (Sutisna)***


Sekilas Info

Taman Nasional Ujung Kulon, Serasa di ”Amazon”

Bicara soal keindahan alam Banten, memang tidak akan pernah ada habisnya. Destinasi yang akan diceritakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *