Senin, 11 Desember 2017

Gua Keramat Syekh Arya Wangi dan Syekh Arya Padoman Ditemukan

CIMERAK, (KAPOL).– Warga  Desa Mekarsari, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran menemukan gua yang panjangnya sekitar 111 meter. Gua tersebut menyimpan keindahan yang sangat luar biasa di dalamnya. Ada stalagtiti yang berbentuk tiang-tiang anek seperti ukiran dan dinding guanya juga berbentuk unik.

Warga menduga, gua panjang tersebut erat kaitanya dengan makam keramat Syekh Arya Wangi dan Arya Padoman yang sampai sekarang masih belum diketahui sejarahnya secara pasti. Hanya saja keduanya merupakan tokoh penyebar agama Islam di Cimerak.

Salah seorang warga setempat  Aan Andreas (39) asal Dusun Purwosari Rt 01/03 Desa Mekarsari mengatakan berdasarkan cerita nenek moyang pendahulunya bahwa dengan diketemukannya gua di blok Rantobatang diduga ada kaitannya dengan makam keramat. “Walahpun belum ada pembuktian ilmiah, masyarakat setempat mempercayainya itu makam keramat,” ungkapnya.

Menurutnya tokoh masyarakat sangat yakin kalau gua tersebut merupakan tempat khusus Syeh Arya Wangi dan Arya Padoman sesuai situs makam keramat yang tidak jauh dari lokasi ditemukanya gua. “Kata orang tua dulu, kedua syeh itu mempunyai tempat khusus tapi belum diketemukan sampai sekarang, “tuturnya.

Di tempat makam tersebut ada perkebunan dukuh yaitu dukuh heubeul, dukuh kahot, kebanyakan masyarakat sudah tahu dengan terkenalnya dukuh ranto dan pemandangan dari ujung gua berhadapan dengan sungai Cimedang. “Kemarin baru ditelusuri ada dua gua yaitu panjang 111 meter dan 74 meter, “tambahnya. (Jerry/KAPOL)***


Sekilas Info

Ibing Sunda Jangan Tergerus Budaya Asing

BANJAR, (KB).- Budaya sunda kian tergerus budaya asing. Dimungkinkan seni ibing sunda hilang akibat perkembangan jaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *