Kamis, 17 Agustus 2017

Gempa Berkekuatan 5,2 SR Guncang Lebak Selatan

LEBAK, (KB).- Gempa bumi berkekuatan 5,2 SR mengguncang Kabupaten Lebak, Kamis (10/8/2017), pukul 12.57. Gempa tersebut tidak menimbulkan tsunami. Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi mengatakan, titik gempa di Laut Lebak selatan dengan kedalaman 55 kilometer (Km), tepatnya di 317 Km Barat Daya Lebak. “Gempa tidak menimbulkan tsunami dan berlangsung hanya beberapa detik. Tidak ada kerusakan akibat gempa tersebut. Bahkan, aktivitas warga juga tidak terganggu,” kata Kaprawi, Kamis (10/8/2017).

Dijelaskan, gempa berdekatan dengan pesisir Pantai Binuangen, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak.  “Relawan BPBD Kecamatan Wanasalam sudah meninjau ke lokasi. Hasilnya, tidak terjadi kerusakan apapun. Tapi memang warga di Kecamatan Wanasalam dan sekitarnya merasakan adanya gempa hanya beberapa detik saja,” ujarnya.

Kaprawi menuturkan, meski tidak menimbulkan tsunami dan guncangannya dirasakan kecil, namun pihaknya tetap mengimbau masyarakat agar waspada terhadap gempa susulan yang mungkin terjadi.
“Warga harus tetap waspada dengan gempa susulan yang mungkin terjadi, walaupun gempa susulan biasanya lebih kecil,” ucapnya.

Menurut Kaprawi, pihaknya telah koordinasi dengan Camat Wanasalam dan telah menyiapkan sejumlah relawan kecamatan, agar terus memantau dan tetap waspada. “BPBD sudah mempunyai alat pendeteksi gempa. Jika terjadi gempa, kita bisa mengetahuinya dengan cepat dan bisa langsung meninjau ke lokasi atau kecamatan terdekat dengan pusat gempa,” tuturnya.

Koordinator Relawan Tangguh BPBD Lebak, Wahyudin mengatakan, gempa terasa di sejumlah kecamatan yang ada di Lebak. Namun kekuatannya sedikit dan getarannya hanya beberapa detik. Hasil pantauan langsung di lapangan, tidak berdampak. Begitu juga dengan aktivitas para nelayan di Binuangen yang merupakan wilayah terdekat dari titik gempa, berjalan seperti biasa. “Kami saat ini tetap siaga untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan, Sekcam Wanasalam, Cece Saputra mengatakan, pihaknya tidak mendapat laporan mengenai adanya kerusakan ataupun gangguan aktivitas dampak dari gempa yang terjadi Kamis siang. “Alhamdulillah, masyarakat tetap tenang, aktivitas pun normal. Akan tetapi kami tetap mengingatkan masyarakat agar waspada,” ujarnya. (H-34)***


Sekilas Info

ADD Belum Mampu Tuntaskan Kemiskinan

LEBAK, (KB).- Anggota DPRD Kabupaten Lebak Dian Wahyudi mengatakan, Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan pemerintah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *