Rabu , Juni 28 2017 10:48 am
Home / BISNIS / Es Pisang Ijo Minuman Segar Berbuka Puasa

Es Pisang Ijo Minuman Segar Berbuka Puasa

Saat bulan puasa biasanya bagi kaum muslim pasti akan tersedia berbagai olahan minuman yang wajib hadir disaat berbuka.  Berbagai macam minuman banyak dijual di pinggiran jalan maupun resto saat bulan Ramadan tiba. Salah satu minuman yang cukup digemari untuk berbuka puasa adalah es pisang ijo. Es pisang ijo merupakan salah satu makanan khas dari Makassar. Es pisang ijo ini terdiri dari pisang raja yang dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau.

“Kalau puasa saya biasa menjual di daerah Alun-alun Kota Serang. Banyak yang memesan dan membeli dengan jumlah banyak. Biasanya anak-anak sekolah yang mau buka puasa bersama (Bukber),” ujar salah seorang pedagang es pisang ijo, Mardiono kepada Kabar Banten, Ahad (11/6/2017). Dia mengatakan, es pisang ijo cukup digemari oleh masyarakat Kota Serang karena kesegarannya. Olahan pisang yang dibalut dengan adonan berwarna hijau ini selalu habis dijualnya.  “Kalau bulan biasa sih selalu sisa, tapi selama puasa ini alhamdulillah ludes,” ucapnya.

Mardi menjelaskan, untuk cara membuat es pisang ijo tidak terlalu sulit. Yaitu, terlebih dahulu cuci dan kukus pisang raja selama kurang lebih 10 menit sampai matang. Setelah matang, kupas pisang dan sisihkan.  “Blender dua ikat daun pandan lebar atau segenggam daun pandan kecil dengan air lalu peras dan saring,” tuturnya. Kemudian, lanjutnya, campurkan santan kental dan air perasan daun pandan dengan tepung beras dan tepung terigu. Masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk agar tidak menggumpal. Tambahkan gula dan pasta pandan, aduk sampai rata.

“Kukus adonan dalam wadah tahan panas selama 20 menit. Kalau udah 20 menit angkat dan ambil beberapa sendok adonan dan buat seperti dadar. Setelah adonan dadar matang angkat dan dinginkan di atas piring,” katanya. Mardi menambahkan, setelah dingin, adonan dadar matang membungkus pisang yang telah dikukus. Lalu membuat adonan saus santannya. Terlebih dahulu masukkan semua bahan dalam panci dan masak dengan api kecil. Aduk terus sampai mendidih hingga saus mengental.

“Untuk dijual, biasanya saya potong-potong pisang ijo lalu taruh di mangkuk, diberikan beberapa sendok saus santan, es serut , sirup dan susu kental manis,” ujarnya. Dia mengatakan, es pisang ijo dapat dengan mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang tidak sulit dicari. Menu ini bisa menjadi pilihan bagi masyarakat yang bingung dalam menyediakan menu berbuka puasa esok hari. (Tresna Mulyana Wati/”KB”)***

Sekilas Info

Makan Roti Bakar Aneka Rasa

SERANG, (KB).- Roti bakar merupakan makanan yang sering dijumpai saat malam hari. Mayoritas roti bakar …