Rabu , Juni 28 2017 10:48 am
Home / SEPUTAR BANTEN / SERANG / Di Kawasan Banten Lama, Kios PKL Dianggarkan Rp 11 M

Di Kawasan Banten Lama, Kios PKL Dianggarkan Rp 11 M

SERANG, (KB) .- Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagperinkop dan UKM) Kota Serang mengalokasikan anggaran Rp 11 miliar dari APBD Kota Serang untuk pembangunan kios Banten Lama. “Dalam FS (Feasibility study) jumlah kios yang akan dibangun sebanyak 1.000 kios. Jumlah pedagang yang sudah terdata sekitar 600 pedagang, sisanya untuk antisipasi. Sebenarnya jika dibuat 1.000 kios kemungkinan ukurannya akan kecil,” kataKepala Disdagperinkop Kota Serang, Ahmad Banbela, Ahad (18/6/2017).

Terkait kecukupan anggaran, kata Benbela, sebenarnya harga sekarang berbeda dengan saat perencanaan, dulu dari DPU perhitungannya semester Rp 1 juta, sementara sekarang harga permeternya sudah lebih tinggi. “Tapi akan saya paksakan, karena amanat awalnya dibangun 1.000 kios, apakah nanti materialnya dibedakan. Kami juga sudah studi banding, ke Bandung di Ciampelas Walk, disana kiosnya ada yang dibangun dari besi jadi bukan dari tembok,” tuturnya.

Menurut dia, hingga pertengahan Juni 2017 belum dapat melaksanakan pembangunan kios untuk merelokasi pedagang kreatif lapangan (PKL) yang berada di sekitar kawasan Banten Lama.
Ia mengatakan lahan yang akan dibebaskan Pemkot Serang di Kampung Kebalen, Kelurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen. Ia mengatakan, pekerjaan pembangunan kios akan dilaksanakan setelah pembebasan lahan selesai dan lahan siap dibangun. “Setelah lahannya selesai dibebaskan, kami lelang kegiatannya, dan pelaksanaan pekerjaan pembangunan kiosnya baru bisa dilaksanakan setelah lahannya siap (untuk dibangun),” katanya.

Benbela mengatakan, usulan untuk lelang pembangunan kios sudah masuk ke Badan Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Kota Serang.”Kalau pembebasan lahan sudah selesai, ULP tinggal segera menayangkan lelang,” tuturnya. Dengan sisa waktu sekitar enam bulan di 2017, kata Benbela, pihaknya akan mengupayakan pembangunan kios selesai tepat waktu. “Kalau cepat pemenang lelangnya optimis tercapai pembangunan 1.000 kios, ya dengan dikerjakan terus-terusan gak banyak istirrahat, enam bulan bisa selesai pembangunan sepert itu,” katanya. Tapi kata Benbela, proses lelang saja butuh sekitar 30 hari, jadi, nanti dilihat lagi apakah dapat selesai semua atau tidak. “Kalau pembayaran pembangunan kan bagaimana pekerjaan yang selesainya, jadi nanti yang dibayarkan hanya pekerjaan yang sudah selesai, ” kata Benbela.

Pematangan lahan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU PR) Kota Serang M Ridwan mengatakan, sekarang pihaknya sudah memasuki tahap persiapan pematangan lahan untuk penataan Kawasan Banten Lama. “Persiapan diantaranya pertama mengidentifikasi jalan masuk, mau lewat mana, kemudian dilakukan pengeringan. Disisi lain kita juga segera menyurati Disparpora, Camat dan Lurah, untuk segera memasang batas-batas lahan yang sudah dibebaskan karena itu penting,” katanya.

Ridwan mengatakan, sekarang sambil berjalan pengeringan, baru dikupas lapisan atas. Itu dilakukan segera sambil berjalan, kemudian secara bertahap lahan akan diurug. Lelang sudah ada pemenangnya, anggaran kegiatannya sekitar Rp 7 miliar. “Mudah-mudahan proses pekerjannya sekitar 80 hari sudah selesai atau sekitar empat bulan selesai lah karena semua pembangunan menunggu proses pematangan lahan. Nanti kita juga mau sinkronisasi dengan OPD lainnya, misalnya ada atau tidak kegiatan yang bias dilaksanakan berbarengan,” tuturnya.

Sementara, Kepala Seksi Sarana Prasarana Pariwisata pada Disparpora Kota Serang Suharman Rahmat mengatakan, untuk pembebasan lahan telah selesai, termasuk pembayaran pada satu pemilik yang sempat menolak menjual lahannya. “Pembayaran ke satu pemilik itu sudah selesai, uangnya sudah dibayarkan Rabu (14/6/2017) kemarin. Jadi pembebasan lahan sudah tuntas semua. Selanjutnya Disparpora dengan DPU PR sudah komunikasi terkait pematangan lahan dan katanya sedang tahap pengeringan, itu menurut informasi dari pak kadis yang sudah komunikasi dengan Kepala Dinas DPU PR,” tuturnya.(H-40)***

Sekilas Info

pilkada kota serang 2018

Pilkada Kota Serang 2018: Subadri Tetap Maju, Golkar Pastikan Usung Vera

SERANG, (KB).- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Kota Serang menetapkan Vera Nurlaila Jaman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *