Rabu, 20 September 2017

Di Kabupaten Tangerang, Ransomware WannaCry Ganggu Layanan KTP-El

TANGERANG, (KB).- Dinas Penduduk dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang terpaksa menghentikan perekaman pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Sebabnya, sistem jaringan internet yang dimilikinya diduga mengalami kendala, diduga akibat diserang virus Ransomware WannaCry.

“Jaringan internet di Disdukcapil off atau tidak terkoneksi sejak kemarin, Senin (15/5/2017) sampai hari ini. Kami tak melayani permintaan pembuatan KTP-El,” ujar Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil, Ahmad Syah, Selasa (16/5/2017).

Namun, pihaknya belum dapat memastikan kapan pelayanan KTP-el dapat kembali aktif. Karemna, kerusakan jaringan tersebut belum dapat ditangani. “Gak tahu sampai kapan. Saat ini yang pasti, pihak kami sejak melakukan back up data mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Pihak kami pun juga memberikan himbauan pada masyarakat terkait koneksi yang terganggu ini,” tuturnya.

Antisipasi serangan Ransomeware

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Tangerang, Uyung Mulyardi mengatakan, pihaknya telah menghimbau dan berupaya untuk mengantisipasi virus tersebut. “Kami sudah kasih imbauan dan diharapkan masyarakat dapat memahami hal tersebut karena, gangguan ini dari pihak pusat. Untuk data, sejauh ini sudah 60 persen data yang kita back up, masih ada 9 ribu data yang belum di back up sekarang masih proses,” katanya.

Dilain hal, berhentinya layanan Disdukcapil Kabupaten Tangerang dalam perekaman KTP-El yang disebabkan adanya langkah antisipasi serangan ransomeware dengan program WannaCry, dikeluhkan masyarakat. “Saya dari pagi sih di sini, karena ada imbauan antisipasi virus ini saya mau ngambil KTP-el gak bisa. Tadi sudah dikasih tahu juga sama pihak Disdukcapil kalau gak bisa ambil atau proses KTP-el,” ujar Mulyadi, warga Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. (H-36)***

 


Sekilas Info

Penyebar Konten SARA Ditembak di Ciledug

PIHAK Polsek Ciledug berhasil mengamankan penyebar konten berunsur SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan) pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *