Sabtu, 16 Desember 2017

Dalam Perekrutan Tenaga Kerja, Dewan Minta Pemkot Cilegon Awasi Transmart

CILEGON, (KB).- Potensi konflik sosial terkait pembangunan Transmart di Sumampir, Kota Cilegon tercium anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Terlebih telah muncul kelompok masyarakat mengatasnamakan Forum Solidaritas Masyarakat Banten (Sorban) menolak pembangunan Transmart.

Sehubungan itu, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kota Cilegon, Hasbudin meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon mengawasi perekrutan tenaga kerja di pusat perbelanjaan tersebut.
Menurut dia, Pemkot Cilegon harus jeli melihat pontensi konflik sosial pada pembangunan Transmart. Khususnya dalam hal penyerapan tenaga kerja. “Gejolak sosial tampaknya siap meledak jika Pemkot Cilegon lengah. Khususnya dalam hal penyerapan tenaga kerja, itu harus betul-betul dipantau,” katanya.

Menurut dia, pemkot harus memastikan jika Transmart mampu memprioritaskan perekrutan tenaga kerja dari warga lokal. Ini agar keberadaan Transmart dinilai memiliki dampak positif untuk masyarakat sekitar. “Keberadaan Transmart itu perlu diyakini positif. Caranya dengan memastikan jika warga lokal terakomodasi dalam hal penerimaan lapangan kerja,” tuturnya.

Pihaknya mengkhawatirkan jika Transmart lebih mengakomodasi tenaga kerja dari luar Cilegon. Terlebih para petinggi Transmart merupakan masyarakat dari luar Cilegon. “Warga kan tidak menuntut ingin jadi manajer atau supervisor, yang penting diterima kerja. Tapi, top manajernya kan orang luar, jangan sampai yang diakomodasi, adalah orang-orang luar Cilegon,” ujarnya.

Ia mengingatkan pemkot terkait keberadaan aturan prioritas perekrutan tenaga kerja lokal. Ia meminta pemkot menegakkan aturan tersebut. “Kalau tidak salah, ada perwal yang mengatur prioritas perekrutan 70 persen tenaga kerja lokal untuk para pengusaha di Kota Cilegon. Kalau aturan itu tidak ditegakkan pemkot, pastinya akan melempem aturan itu. Akhirnya, warga Cilegon tetap menjadi penonton di wilayahnya sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, penolakan pembangunan Transmart dari Forum Sorban mendapat tanggapan dari Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi. Ia menuturkan, akan meninjau segala aspek terkait kekhawatiran masyarakat. (Sigit/Job)***


Sekilas Info

honorer kelurahan

Buruh Geruduk PT Saba Pratama

CILEGON, (KB).- Puluhan buruh melakukan unjuk rasa di depan Kantor PT Saba Pratama, di Kelurahan Kotasari, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *