Sabtu, 16 Desember 2017

Camat & Lurah Diminta Benahi Kawasan Kumuh

CILEGON, (KB).- Wali Kota Cilegon Tubagus Iman Ariyadi meminta peran serta dari pejabat ditingkat bawah seperti camat dan lurah hingga RT/RW untuk mengatasi kawasan kumuh yang masih ada di Kota Cilegon. Bahkan para pejabat tersebut, diminta untuk membantu peningkatan kualitas lingkungan di daerahnya masing-masing.

Iman mengatakan, pihak camat, lurah, maupun RT/RW dapat terjun langsung untuk menangani permasalahan tersebut. Bahkan, mereka sebagai pejabat terdekat dengan masyarakat dapat melakukan pencegahan agar tidak tercipta lingkungan kumuh. “Untuk persoalan pihak camat, lurah, maupun RT/RW yang semestinya bertanggungjawab untuk hal ini. Sebab mereka ini kan yang bertanggungjawab atas kebersihan, keamanan, atau kekumuhan di lingkungan masing-masing,” ujarnya, Senin (7/8/2017).

Ia menuturkan, salah satu faktor lingkungan dikatakan kumuh, lantaran jarak antar satu rumah ke rumah lain yang terlalu rapat. Bahkan, kedisiplinan dari masyarakat pun harus lebih ditingkatkan, untuk menciptakan lingkungan yang berkualitas. “Salah satunya yang menyebabkan kumuh itu ya begitu. Nah, sekarang bagaimana peran dari camat, lurah maupun RT/RW dalam menyelesaikan persoalan itu,” katanya.

Menurut dia, untuk menyelesaikan persoalan tersebut, bisa saja dilakukan pembebasan lahan untuk kawasan yang dianggap kumuh tersebut. Akan tetapi, untuk melakukan hal itu dibutuhkan anggaran yang tentunya tidak sedikit. “Jika memang lingkungna tersebut tidak mau kumuh, pemerintah harus melakukan pembebasan lahan tersebut. Nah sekarang kalau mau dibebasin agar tidak kumuh ada uang tidak? Kalau sudah dibebasin baru enggak ada kumuh,” tuturnya. Ia mengatakan, untuk infrastruktur di Cilegon sebagai penunjang peningkatan kualitas lingkungan pun telah dilakukan. Salah satunya berupa peningkatan kualitas jalan menggunakan paving blok. (H-43)***


Sekilas Info

honorer kelurahan

Buruh Geruduk PT Saba Pratama

CILEGON, (KB).- Puluhan buruh melakukan unjuk rasa di depan Kantor PT Saba Pratama, di Kelurahan Kotasari, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *