Senin, 11 Desember 2017
pilkada kota serang 2018

Calon Perseorangan Harus Penuhi 23 Syarat

SERANG, (KB).- KPU Kota Serang mengimbau parpol atau tokoh masyarakat yang hendak mencalonkan diri lewat jalur perseorangan untuk segera menyiapkan 23 item syarat yang harus dipenuhi oleh kandidat di Pilkada 2018. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan. Di antara syarat tersebut menyatakan secara tertulis pengunduran diri sebagai anggota DPR, DPD, DPRD sejak ditetapkan sebagai calon.

Hal yang sama berlaku untuk kandidat yang berasal dari kalangan TNI, Polri, dan ASN. Syarat lain misalkan tidak sedang dinyatakan pailit serta mampu secara jasmani dan rohani. “Syarat calon itu harus dipenuhi ketika kandidat melakukan pendaftaran ke KPU yang menurut tahapan jadwalnya adalah tanggal 8 hingga 10 Januari 2018. Kami mohon kandidat untuk bisa mempersiapkan diri dari sekarang karena item persyaratan itu berhubungan dengan banyak institusi,” kata Divisi Teknis KPU Kota Serang, Fierly MM kepada Kabar Banten ditemui usai rapat koordinasi pencalonan di salah satu rumah makan di Kota Serang, Rabu (11/10/2017).

Dia menjelaskan, seperti syarat tidak sedang pailit menjadi kewenangan Pengadilan Tata Usaha Negara, tidak pernah dipidana itu dikeluarkan oleh pihak pengadilan. Maka pihaknya meminta agar secepatnya dipersiapkan. “Silakan formulirnya bisa diakses di peraturan nomor 3,” ucapnya. Syarat calon, ucapnya, oleh KPU akan diverifikasi dengan melibatkan 7 institusi yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, BNN, RSUD, Himpunan Psikolog, Polres serta Panwaslu. KPU juga membuka ruang tanggapan masyarakat terkait keabsahan syarat calon dimaksud.

“Selain itu, bagi calon perseorangan batas minimal dukungan adalah 38.700 dilengkapi dengan salinan KTP elektronik atau Suket yang tersebar minimal di 4 kecamatan. Sedangkan dari jalur parpol, syarat pencalonan adalah minimal memiliki 9 kursi di DPRD Kota Serang,” tuturnya. Menurutnya, syarat pencalonan ini akan diverifikasi secara ketat dan melibatkan Panwaslu. Untuk calon perseorangan verifikasi dilakukan dalam tiga tahap yaitu verifikasi penghitungan dan sebaran dukungan, verifikasi administrasi dan kegandaan serta verifikasi faktual dimana petugas KPU mendatangi satu persatu warga yang namanya ada di pernyataan dukungan.

“Jadi misalkan ada kandidat yang menyerahkan 50.000 dukungan KTP, maka kami akan sensus semuanya tanpa terkecuali. Pasti ada dinamika di lapangan, karena itu kami mohon kerja sama dari paslon untuk bisa menghadirkan data dukungan yang benar, valid dan rapi,” tutur Fierly. Ketua KPU Kota Serang, Heri Wahidin menambahkan, pihaknya akan memperlakukan semua kontestan dengan pelayanan prima dan profesional. Tahapan pencalonan ini adalah ujian integritas penyelenggara pemilu. (TM)***


Sekilas Info

Jelang Tutup Tahun, Isu Rotasi Pejabat Pemprov Banten Santer

SERANG, (KB).- Isu rotasi dan mutasi pejabat di Lingkungan Pemprov Banten kian santer terdengar, jelang tutup …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *