Kamis, 24 Agustus 2017

BPJS Kesehatan Permudah Pelayanan Pemudik

SERANG, (KB).- Menjelang Lebaran 2017 BPJS Kesehatan akan mempermudah pelayanan kesehatan bagi para pemudik yang menjadi peserta JKN-KIS. Salah satu syaratnya yaitu peserta JKN-KIS membawa kartu JKN-KIS, kartu BPJS kesehatan, kartu akses, kartu Jakarta sehat atau KJS dan kartu Jamkesmas. “Kartu peserta dipastikan masih aktif. Maka peserta dipastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif,” kata Kepala unit manajemen pelayanan kesehatan rujukan, Fahria Syawal saat konferensi pers di Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Serang, Kamis (15/6/2017).

Fahria menjelaskan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.  “Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku 19 Juni-2 Juli 2017,” ujarnya.

Menurutnya, dari tahun sebelumnya, sesuai data kunjungan yang ada mayoritas peserta keluhannya adalah ISPA akibat terpapar debu jalanan serta faktor kelelahan karena kondisinya yang drop.
“Kami juga membuka posko mudik di 8 titik yang tersebar di beberapa daerah. Untuk Banten kami buka di Pelabuhan Merak yang digelar pada 21-24 Juni 2017. Adapun pelayanan kesehatannya kami sediakan obat-obatan, fasilitas relaksasi, beberapa petugas kesehatan seperti dokter, perawat, petugas BPJS serta disediakan ambulans,” tutur Fahria.

care centre 1500400

Selain itu, Fahria menjelaskan, selama libur Lebaran 2017, masyarakat pun tetap bisa menghubungi BPJS Kesehatan. Menghubungi care centre 1500400 untuk

  1. mendaftar peserta JKN-KIS,
  2. memperoleh informasi,
  3. melakukan pengaduan,
  4. melakukan konsultasi kesehatan,
  5. memperoleh pelayanan administrasi peserta JKN-KIS
  6. mutasi atau aktivasi
  7. mengetahui perhitungan denda pelayanan.

aplikasi Mudik BPJS Kesehatan

“Selain itu, BPJS Kesehatan menciptakan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan. Dapat di download secara gratis di google play store untuk perangkat android,” ujar Fahria.

Dia mengatakan, dalam aplikasi tersebut menyediakan

  • telefon penting,
  • alamat kantor BPJS kesehatan,
  • fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan,
  • tanya jawab BPJS Kesehatan,
  • info BPJS Kesehatan,
  • tips BPJS Kesehatan,
  • lokasi-lokasi penting
  • media sosial BPJS Kesehatan.

“Untuk peserta yang tidak membawa kartu BPJS Kesehatan, bisa memperlihatkan kartu BPJS Kesehatannya di aplikasi BPJS Kesehatan yang telah di download di android,” ucapnya. (H-49)***


Sekilas Info

Tingkatkan Analisis Kredit, Karyawan BPR Ikuti Pelatihan

SERANG, (KB).- Sejumlah karyawan Bank Perkreditan Rakyat BPR) di Banten terus meningkatkan kompetensi analisis kredit serta …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *