Senin, 11 Desember 2017

Aroma Ayam Bakar Taliwang

Berkunjung ke Lombok-Nusa Tenggara Barat, tidak pas jika belum mencicipi ayam bakar taliwang. Makanan khas lokal yang satu ini menjadi wisata kuliner paling dicari di Kota Lombok. Berbagai restoran di Lombok pun berlomba-lomba menyajikan makanan ini sebagai menu utamanya. Tetapi bagi warga Banten tidak perlu jauh-jauh terbang menuju Lombok untuk bisa menikmati ayam berbumbu pedas ini. Kini sajian khas NTB tersebut sudah mendarat dan menyebar di penjuru kota, salah satunya di Kota Serang.

Pemilik Dapur Mama Triana, Raissa Elvsretta mengatakan, ayam bakar taliwang sudah dijualnya sekitar 8 bulan terakhir ini. Kedai yang buka di salah satu supermarket di Kota Serang ini, menyajikan menu ayam bakar taliwang asli khas Lombok. “Berbekal ilmu yang didapat selama 10 tahun di Lombok, akhirnya saya memutuskan untuk membuat menu ayam taliwang di Kota Serang, karena di Lombok sudah banyak restoran yang membuat menu ini,” katanya kepada Kabar Banten, Jumat (4/8/2017).

Dia menjelaskan, satu porsi ayam bakar taliwang dijual Rp 55.000/ekor. Bumbu-bumbu yang telah meresap hingga ketulangnya tersebut dapat diterima oleh masyarakat Kota Serang. Rasa empuk dan gurihnya daging ayam taliwang tersebut mampu membuat pelanggan berdatangan. “Alhamdulillah banyak yang suka. Selain rasanya asli khas Lombok, harganya pun terjangkau,” ujar Raissa.

Raissa menuturkan, untuk membuat ayam bakar taliwang dibutuhkan ayam dengan berat sekitar 800 gram, bumbu yang dihaluskan seperti cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, buah kemiri, sangria, tomat merah, kencur dan terasi. “Nanti bumbu halusnya ditumis sampai harum. Sementara ayam yang sudah bersih dilumuri jeruk nipis. Kemudian di panggang atau bakar ayam hingga harum kecokelatan sambil dioles sisa bumbu, ” tuturnya. Raissa menjelaskan, selain membuka kedai, bisnisnya pun dilakukan secara online. “Sekarang bisa pesan online di Instagram Dapurmamatriana21. Pelanggannya sudah sampai di Kota Cilegon. Rata-rata mereka membelinya secara online. Selain ayam taliwang, terdapat menu lain seperti kepiting, kerang dara dan lainnya,” tuturnya.(Tresna Mulyana Wati)***


Sekilas Info

Aset Perbankan di Banten Melambat

SERANG, (KB).- Aset perbankan di Provinsi Banten pada triwulan III 2017 tercatat senilai Rp 189,26 …

One comment

  1. emang ayam bakar taliwang itu juara nya. enak banget rasa nya. daging nya juga empuk. terimakasih info nya. saya tunggu artikel berikutnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *